X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Jakarta Creators Meetup: Catatan Tren Podcast di 2020

By
Pandji Putranda
 •
March 12, 2020

Jakarta Creators Meetup (JCM) pertama di tahun 2020 dibuka dengan topik Tren Podcast di 2020 sembari mengundang beberapa pegiat podcast lokal. Ada Pangeran Siahaan selaku CEO @asumsico dan @box2boxid, Patricia Wulandari dari @podluckpodcast by Catalyst Arts, serta Rizky Ardi Nugroho yang juga populer dengan panggilan Mizter Popo dari @podcasthoror.id. Acara ini dibantu oleh Syarief Hidayatullah dari tim GetCraft sebagai moderator diskusi.

Di Indonesia sendiri, tren podcast masih tergolong muda. Peminatnya baru meningkat drastis dalam beberapa tahun belakangan berkat kemunculan sejumlah platform streaming, seperti Spotify misalnya. Selain memudahkan khalayak audiens untuk mendengarkan musik, platform streaming yang beredar juga turut memudahkan para pelaku podcast atau podcasters untuk mendistribusikan materi podcast mereka secara masif, serta melakukan evaluasi berdasarkan berkala terhadap data behaviour pendengar mereka.

Kini, ada lebih dari 200 saluran podcast yang berseliweran di linimasa platform streaming favorit kita. Masing-masing menawarkan segmentasi yang berbeda dengan varian kreativitas tersendiri. JCM mengulas sedikit perihal konten, metode promosi, sampai potensi klien yang kira-kira kompatibel dengan saluran podcast tertentu.

Jakarta Creators Meetup: Catatan Tren Podcast di 2020

Patricia Wulandari mengawali diskusi sembari memperkenalkan @podluckpodcast, podcast channel multisegmen yang fokus pada pembahasan seputar dunia kreatif. @podluckpodcast berangkat dari tema-tema terkait ilustrasi, sebagai wadah bahasan alternatif karena minimnya informasi mengenai profesi ilustrator di Indonesia.

Hampir sama dengan kebanyakan podcasters lain di generasi awal, @podluckpodcast sempat berhabitat di situs SoundCloud. Namun seiring platform streaming mulai bermunculan, satu per satu pada akhirnya hijrah meninggalkan SoundCloud.

Secara garis besar, Patricia memberikan tips bagi para kreator yang ingin merintis podcast untuk konsisten menabung konten dan mempersiapkan tema pun materi bahasan. Dengan konten yang oke dan jadwal penyiaran rutin, akan semakin mudah untuk mengelola kontinuitas podcast-mu.

Di samping itu, jangan lupa untuk berjejaring dan berkenalan dengan sesama podcasters. Ingat! Networking adalah kunci survival! Mumpung komunitas podcast juga masih tergolong kecil, seharusnya tidak cukup sulit untuk berkolaborasi satu sama lain. Terlebih, jangan sungkan mengajak nama-nama besar (public figure) untuk berkolaborasi.

Setelah hal-hal mendasar ini sudah terlaksana secara konsisten, berikutnya kamu bisa mulai merencanakan offline event hingga memprofuksi merchandise yang bisa kamu monetisasikan lewat podcast-mu sendiri. Pelan pelan lambat laun jadi cuan~

Senada dengan Patricia, Rizky Ardi Nugroho a.k.a. Mizter Popo juga berbagi pengalamannya di dunia podcast. Demi menjaga kontinuitas dan konsistensi, Rizky juga menyarankan untuk mengeksekusi beberapa episode sekaligus dalam 1x take. Selain mengoptimalkan production value, sisa waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk brainstorming konten sambil merencanakan offline/online event.

Intinya, bermain-mainlah dengan judul dan lakukan riset SEO agar karya podcast-mu lebih atraktif, dan yang paling penting, searchable bagi audiens.

Baca Juga: 5 Tips Kreatif Membuat Podcast

Jakarta Creators Meetup: Catatan Tren Podcast di 2020

Selain platform streaming seperti Spotify, manfaatkan juga kanal YouTube karena keduanya dapat saling mendukung performa satu sama lain. Keduanya bisa di-align dan difungsikan untuk membentuk dan memetakan audiensmu. Pelajari tools yang tersedia di platform streaming yang kamu gunakan untuk menganalisa performa sekaligus demografi pendengarmu, sehingga kamu bisa menyesuaikan forum mana yang sesuai dengan topik podcast-mu. Fun fact: angka streaming akan terhitung begitu lewat satu menit. Di bawah itu, audiens “dianggap” enggak sengaja menekan podcast-mu.

Menimpali dua pembicara lain, Pangeran Siahaan menimpali tren podcast dengan insight menyoal podcast olah raga. “Nih gue kasih ide gratis: podcast badminton.” ujarnya. Tren topik akan senantiasa bergulir dari waktu ke waktu. Bisa humor, bisa horor, drama, diskusi peristiwa, fenomena nujum, dan banyak macam lainnya.

Ledakan rupa-rupa konten bisa kamu perhatikan lewat algoritma Spotify misalnya. Perhatikan dinamika podcast secara general sebagai pedomanmu untuk menentukan konten dan cara mengemasnya. Jangan lupa untuk menentukan keunikan dan posisimu dalam ekosistem podcast. Seperti kata Patricia, “tentukan diferensiasi.”

Bagaimana? Apakah kamu jadi tertarik untuk memulai podcast-mu sendiri?

Baca Juga: 5 Podcast Literatur bagi Pecinta Buku

Jakarta Creators Meetup: Catatan Tren Podcast di 2020

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Jakarta Creators Meetup: Catatan Tren Podcast di 2020

By
Pandji Putranda
.
March 12, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Jakarta Creators Meetup: Catatan Tren Podcast di 2020

By
Pandji Putranda
.
March 12, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials
Tags:

Related articles