X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Tips Bikin Konten saat Pandemi

By
MLR
 •
April 30, 2020

Apapun jenis industri yang kamu tekuni, kamu mungkin menyadari bahwa penjualan dan pendapatan kamu mengalami penurunan yang signifikan seiring dengan status siaga wabah virus corona (COVID-19). Beberapa sektor usaha bahkan harus menghentikan hampir semua aktivitasnya dan mencari cara lain demi keberlangsungan usaha masing-masing. Termasuk diantaranya bisnis pemasaran influencer atau influencer marketing.

Walau kondisi sulit ini tampak seperti tak berujung, kamu harus berkepala dingin. Justru di saat sekaranglah marketing menjadi sangat penting bagi keberlangsungan bisnis, terutama bagi kreator, influencer, dan kamu yang baru saja terjun di industri influencer marketing. Mengingat kondisi sekarang memaksa banyak orang untuk diam di rumah dan mencari hiburan lewat internet, keberadaan influencer marketing jadi semakin penting bagi keberlangsungan jual-beli barang/usaha yang berada di pasaran.

Kendati influencer memiliki peran penting bagi kegiatan pemasaran digital, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan selama berkonten di masa sekarang. Berikut beberapa tips, the dos and don’ts, yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas kontenmu selama masa karantina mandiri di rumah.

Dok. Unsplash

Tetap Berhubungan dengan Para Pengikut di Media Sosial

Sekarang ini, kebanyakan orang menghabiskan waktu mencari informasi yang berguna di internet. Kalau kamu tinggal di tempat yang memberlakukan imbauan pembatasan sosial berskala besar, maka media sosial akan menjadi salah satu bentuk komunikasi yang paling banyak digunakan.

Adanya pembatasan fisik tentu saja membuat banyak orang mengurungkan niatan pergi menata rambut di salon atau nongkrong di bar, tapi mereka masih akan tertarik pada figur di internet. Mereka akan memperhatikan konten bermanfaat dan menarik yang dapat kamu bagikan, dan namamu akan diingat, bahkan jika mereka belum pernah mendengar tentangmu sebelumnya. Oleh karenanya, menjaga engagement dengan para pengikut di jejaring sosial bisa menjadi salah satu langkah yang bisa kamu lakukan.


Jangan Membuat Konten yang Memancing Kepanikan

Membuat konten terkait pandemi tentu menarik dan tepat secara momentum, tapi itu bukan berarti lampu hijau untuk membuat konten yang menimbulkan reaksi panik berlebihan.

Memikirkan kembali konten apa yang kamu angkat bukan berarti juga kamu meremehkan efek virus atau malah tidak menghiraukan imbauan para ahli agar tetap waspada. Virus terbukti sangat mematikan dan menjadi masalah serius secara global. Pikirkan kembali topik yang mau kamu angkat dan pikirkan bagaimana orang-orang akan bereaksi setelah melihat apa yang kamu unggah. Bijaklah memilah dan memilih mana yang harus kamu angkat untuk tetap mengasah keahlian marketing-mu sebagai seorang influencer.


Ambil Tiap Kesempatan Membantu Pihak yang Terdampak Bencana

Jika kamu bisa membantu orang lain melewati masa sulit ini, lakukanlah. Sekecil apapun, bantuanmu pasti dapat meringankan beban sesama. Selain berempati, langkah ini juga memberi nilai tambah di segi marketing sebagai seorang influencer. Meski tidak berdampak langsung pada sisi pemasaran, tindakan ini membuat banyak orang mengingatmu ketika kamu ingin melakukan sesuatu di kemudian hari. Belum ada kesempatan untuk memberi bantuan secara materi? Gunakan suara kamu untuk turut menyebarkan link gerakan penggalangan dana.


Tingkatkan SEO Website/Video/Tulisan

Makin banyak orang menghabiskan waktu berselancar di internet. Meski kebanyakan takut melakukan kontak fisik langsung dengan orang lainnya, itu tidak berarti mereka kehilangan minat terhadap cerita seputar bisnis atau persona yang mereka gemari. Orang-orang akan cenderung mencari informasi seputar persona dan bisnis yang menarik perhatian mereka. Maka, tidak ada salahnya untuk meningkatkan SEO situs/video/tulisan atau jenis konten apapun yang kamu hasilkan.

Tujuan SEO yang baik adalah menampilkan konten buatanmu ketika ketika audiens atau target market brand yang bekerja sama denganmu mencari kata kunci tertentu. Kompetisi untuk berada di posisi teratas hasil mesin pencarian ini sangat ketat dan membutuhkan disiplin demi menghasilkan nilai SEO yang lebih baik daripada para pesaing lainnya. Lebih lengkap mengenai cara membuat SEO kontenmu lebih optimal, cek di sini.

Dok. Unsplash

Pelajari Data Konten yang Kamu Buat

Hal lain yang bisa kamu lakukan selama masa pandemi ini adalah mempelajari data konten yang kamu buat. Mulailah menganalisa konten mana yang memiliki performa lebih baik. Bagi beberapa jenis konten yang sesuai dengan tujuan pembuatannya; apakah untuk kepentingan brand, untuk menciptakan diskusi, atau sekadar bersenang-senang.

Tentukan pula bentuk ukuran yang paling relevan dengan tujuan tersebut, entah dengan ukuran komentar yang kamu dapatkan atau lain sebagainya. Setelahnya, bereksperimenlah dengan konten yang kamu buat sesuai dengan tren terbaru.


Buat Perencanaan Masa Mendatang

Selama berada di rumah untuk mematuhi imbauan pembatasan sosial, kemungkinan besar kamu memiliki banyak waktu daripada sebelumnya. Hanya karena kamu diharuskan berada di rumah, bukan berarti kamu enggak bisa membuat perencanaan strategi konten setelah krisis pandemi ini berakhir.

Ini adalah waktu yang tepat untuk membuat perencanaan matang akan konten yang bisa kamu buat dan bagaimana kamu bisa kembali mengembangkan keberadaanmu di dunia digital ketika aktivitas berjalan normal lagi.

Dengan menimbang situasi yang kamu hadapi, kamu bisa mengambil strategi konten yang berbeda dan membutuhkan dana yang lebih besar. Meski demikian, penting untung kamu ingat jika digital marketing enggak seribet dan semahal itu. Makanya, penting untuk tetap memantau tren dan membuat konten aktual. Cek pula performa konten yang kamu buat dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Asah kemampuanmu sebagai individu yang terlibat langsung dalam industri influencer marketing dengan menguasai perangkat-perangkat pendukung yang tersedia.

Tips Bikin Konten saat Pandemi

By
MLR
.
April 30, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tips Bikin Konten saat Pandemi

By
MLR
.
April 30, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Related articles