X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir

By
MLR
 •
March 12, 2020

Film animasi stop motion menawarkan sensasi yang berbeda dengan film animasi lain. Salah satunya adalah membayangkan proses melelahkan di belakang layar yang harus ditempuh demi hasil yang sempurna.

Stop motion, atau yang kadang juga dikenal dengan sebutan stop frame, adalah teknik animasi yang ditemukan dan langgeng digunakan para animator selama lebih dari 100 tahun. Awalnya, para pembuat film menyadari jika mereka dapat menghasilkan ilusi yang menakjubkan hanya dengan menyetop dan memulai kembali proses merekam menggunakan kamera.

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir
Coraline (Dok. Giphy)

Seperangkat benda-benda, tanah liat, boneka, hingga manusia bisa digerakkan lewat teknik animasi ini. Sebagai catatan, untuk menghasilkan 1 detik animasi stop motion, diperlukan rata-rata 12 frame berisi foto objek yang digerakkan secara manual.

Meski tergolong klasik dan antik, kebanyakan orang berpendapat teknik yang satu ini justru berkembang menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu. Kalau kamu tertarik membuat animasi stop motion sendiri dan penasaran film apa saja yang telah berhasil memanfaatkan teknik animasi satu ini, Crafters telah mengumpulkan beberapa fim animasi stop motion terbaik dalam tiga dekade terakhir yang dapat kamu jadikan referensi. Cek di bawah ini, ya!

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir
(Dok. The Nightmare Before Christmas)

The Nightmare Before Christmas (1993)

Ada dua trivia menarik yang harus kamu ingat saat menonton harta karun dunia animasi stop motion creepy yang memadukan Natal dan Halloween satu ini. Pertama, film ini tidak disutradarai oleh Tim Burton. Tim merupakan penanggungjawab konsep dan desain, sedangkan orang yang membubuhkan sihir lewat penyutradaraannya ialah Henry Selick). Kedua, film ini merupakan salah satu pencapaian animasi stop motion terhebat sepanjang masa.

Hasil perkawinan imajinasi Burton dan Selick berhasil mematri sosok ikonik seperti Pumpkin King Jack Skellington di kepala tiap penonton. Belum lagi detail model karakter lain seperti Oogie Boogie, Sally, Dr. Finkelstein, yang menunjukkan ketelatenan dalam menghadirkan animasi stop motion yang dinamis.

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir
(Dok. Mary and Max)

Mary and Max (2009)

Sutradara film animasi Harvie Krumpet, Adam Elliot, kembali menunjukkan bakatnya lewat pembuatan film animasi stop motion berjudul Mary and Max. Film ini menghadirkan cerita persahabatan pena antara seorang gadis Australia dan seorang pria Yahudi Amerika kesepian dengan balutan atmosfer melankolis, bahkan cenderung gelap.

Detail gerak stop motion-nya sangat indah. Karakterisasi hiperbolik seperti bentuk kepala yang dilebih-lebihkan dan ukuran hidung yang besar jadi semakin terasa hidup berkat penampilan vokal terbaik dari Philip Seymour Hoffman dan Toni Collette.

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir
(Dok. Coraline)

Coraline (2009)

Karena pergerakannya yang unik (baca: patah-patah), teknik stop motion sepertinya sangat mujarab untuk memvisualkan cerita horror. Keunikan inilah yang dapat kamu saksikan di Coraline. Diadaptasi dari buku Neil Gaiman dengan judul yang sama, Coraline menceritakan seorang anak perempuan yang masuk ke dimensi lain setelah kabur dari orang tuanya yang menyebalkan.

Kepiawaian Henry Selick dalam mengolah cerita dan animasi stop motion menjadikan Coraline sebagai tontonan wajib bagi kalian yang ingin mempelajari teknik bertutur akan sebuah semesta imajiner lewat sudut pandang anak perempuan.

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir
(Dok. BoxTrolls)

The Boxtrolls (2014)

Potensi animasi stop motion juga terletak pada kemampuan menghadirkan tekstur tertentu yang absen dari CGI (Computer-Generated Imagery). Animasi The Boxtrolls yang diproduksi Laika Entertainment, misalnya, adalah salah satu animasi stop motion yang berhasil menghadirkan tekstur-tekstur menarik tersebut.

Diadaptasi dari novel Here Be Monsters! karya Alan Snow, The Boxtrolls menggambarkan kehidupan makhluk aneh bertubuh kardus yang membesarkan seorang anak manusia dan seorang penjahat yang bersumpah untuk memburu keduanya.

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir
(Dok. Anomalisa)

Anomalisa (2015)

Mengutip co-director Duke Johnson, Anomalisa dirancang untuk “membawa medium animasi stop motion ke dalam dunia yang belum pernah kita lihat sebelumnya.” Ungkapan itu ternyata tidak berlebihan. Kamu bisa saksikan bagaimana stop motion justru menjadi medium sempurna untuk menceritakan kisah gloomy film ini.

Diadaptasi dari soundplay karya Charlie Kaufman pada 2005 silam, Anomalisa adalah kisah kelam tentang seorang pria paruh baya yang menderita delusi fregoli, kondisi di mana seseorang percaya bahwa orang-orang lain adalah satu entitas yang sama. Film ini menunjukkan disiplin pembuatan stop motion yang menyenangkan. Saking seriusnya para pembuat film ini, sampai-sampai guratan kasar di wajah boneka sengaja dibiarkan tampak. Memberikan kualitas raw ala Kaufman tentang kehidupan yang suram.

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir
(Dok. Kubo and the Two Strings)

Kubo and the Two Strings (2016)

Kubo and the Two Strings yang disutradarai oleh Travis Knight berhasil menggondol 17 penghargaan di tahun yang sama. Berlatar belakang Jepang kuno, film ini bercerita tentang bocah laki-laki bernama Kubo dalam menghadapi musuh yang telah menghilangkan matanya. Tema yang diangkat film ini cukup dewasa karena membahas kematian dan spiritualitas, namun dibungkus dengan sangat apik dalam petualangan aksi yang menyenangkan. Sehingga film ini dapat dinikmati segala usia.

Dibuat oleh studio animasi ternama, Laika Entertainment, Kubo and the Two Strings adalah contoh terbaik dari perkembangan animasi stop-motion dalam dua dekade terakhir. Seringkali, karakter stop-motion dalam film ini bergerak dengan sangat dinamis sampai-sampai kamu bisa terkecoh melihatnya sebagai produk CGI. Kebayang enggak sih, jumlah kerja keras dan perhatian terhadap detail yang digunakan untuk menciptakan film ini?

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir
(Dok. Isle of Dogs)

Isle of Dogs (2018)

Ingin melihat apiknya animasi stop motion dengan gaya tematik penyutradaraan serta cerita yang aneh? Isle of Dogs bisa jadi pilihan tontonanmu. Film garapan Wes Anderson yang satu ini memaparkan wabah flu anjing di Jepang yang membuat semua anjing dikarantina dalam sebuah pulau.

Seorang anak laki-laki ditemani sekelompok anjing lain melakukan perjalanan ke pulau tersebut untuk menyelamatkan anjingnya. Petualangannya ini kemudian menginspirasi kelompok pencinta anjing untuk mengekspos konspirasi pemerintah.

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir
(Dok. Missing Link)

Missing Link (2019)

Animasi stop motion Missing Link disutradarai oleh Chris Butler. Film ini mengisahkan Mr. Link, seorang Sasquatch berbulu setinggi 2,4 meter yang lelah dan kesepian di Pasifik Barat Laut. Mr. Link lalu berteman dengan seorang penjelajah bernama Sir Lionel Frost dan seorang petualang Adelina Fortnight untuk membimbingnya dalam perjalanan dan membantunya menemukan kerabatnya yang telah lama hilang di lembah dongeng Shangri-La.

Ada sekitar 31 animator yang tergabung dalam proyek pembuatan film ini. Selain itu, Missing Link juga didukung oleh beberapa seniman yang bertanggung jawab untuk divisi desain kostum, patung, boneka, prototipe wajah, rigging, sampai desain produksi. Saking kerennya, film ini sampai memenangkan Best Motion Picture – Animated di ajang Golden Globe 2020.

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir
(Dok. Giphy)

Itulah referensi-referensi film animasi stop motion terbaik dalam tiga dekade terakhir. Mana dari kedelapan film di atas yang ingin kamu tonton hari ini? Setelah menonton, who knows, kamu tergerak untuk memulai proyek film stop motion-mu sendiri. Selamat menonton!

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir

By
MLR
.
March 12, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Animasi Stop Motion Terbaik Tiga Dekade Terakhir

By
MLR
.
March 12, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Related articles