X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Inkonsistensi Seni Jordan Marzuki

By
GetCraft
 •
March 17, 2020
Foto: Muhammad Fadli

Konsisten untuk tidak konsisten. Merasa aneh dengan kalimat itu? Bagi Jordan Marzuki, tidak demikian. Ia kerap menelurkan karya yang tidak konsisten dalam berbagai bentuk, sampai ada banyak julukan bisa disematkan padanya.

Ia pernah dikenal sebagai figur di balik clothing line The Balletcats; lalu dalam kesempatan lain, ia juga disebut ilustrator. Belakangan, ia lekat dengan julukan sutradara. Karya film pendek seperti The Withering Jubilance dan Ini Jakarta, ia hasilkan. Bahkan, saat berbincang dengan The Crafters, ia menyebut tengah bergumul dengan produksi video musik grup band Scaller dan Elephant Kind.

Jordan sendiri tidak menolak jika disebut tidak konsisten. Ia bahkan mengakui hal itu. Menurutnya, inkonsistensi-nya tetap punya benang merah, yang mungkin samar terlihat oleh kebanyakan orang.

Saat ini Anda sedang dikenal lewat karya film pendek, setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai desainer dan ilustrator. Apa yang membuat Anda tertarik terjun ke dunia film?

Saya masih tetap mengerjakan desain dan ilustrasi, dan kebetulan film juga salah satu bentuk komunikasi visual. Tadinya film, buat saya, hanya untuk hobi; dan biasanya juga tanpa narasi. Baru benar-benar belakangan ini saya mencoba mengeksplorasi script dan cerita.

Makin sering dibilang inkonsisten dong?

Hahaha, mungkin. Karena saya memang suka melompat-lompat dalam bekerja. Jadi, tidak menutup kemungkinan, di masa depan saya malah ke performance art.

Kenapa inkonsistensi itu seperti Anda tempatkan sebagai nilai tambah, ketimbang kekurangan?

Karena, dari semua yang saya garap, ada benang merahnya. Mungkin, memang tidak terlihat secara langsung. Tapi dari film, ilustrasi, buku, sampai gaya desain, kalau benar-benar diamati dengan teliti, ada kok kesamaannya.

jordan marzuki 6
Potret salah satu koleksi The Balletcats garapan Jordan Marzuki.

Tapi, Anda sendiri lebih suka dianggap sebagai apa? Desainer, ilustrator, sutradara?

Seperti tadi saya bilang, semua ada di ranah komunikasi visual; dan konsep itu memang mencakup cara saya berpikir untuk mengeksekusi suatu ide atau pemikiran; melalui media yang saya suka atau kuasai.

Saya sendiri memang nerd, dari kecil. Sejak itu, saya suka menggambar di kertas, sampai membuat film berbasis 3D software untuk anak-anak. Jadi mungkin, saya lebih senang menganggap diri saya sebagai visual communication designer.

Apa idealisme yang Anda anggap miliki?

Saya selalu bekerja semaksimal mungkin, walaupun tidak diperhatikan, atau bahkan tidak menghasilkan apa-apa. Karena, pada akhirnya, semua yang saya kerjakan adalah untuk memenuhi ego dan kepuasan saya sendiri. Saya juga tidak mau punya produk yang tidak saya banggakan nantinya.

Ini Jakarta

Bagaimana dengan The Balletcats? Apa yang Anda lakukan untuk bisa bersaing di tengah kompetisi industri fashion yang kini makin ketat?

Keep it slow, tapi jalan. Mencoba untuk tidak peduli dengan tren mungkin tidak baik, tapi juga tidak jelek. Yang jelas, saya tidak mau ada tekanan dalam menjalankan brand ini.

Seperti halnya bekerja, dalam menghasilkan sesuatu kan perlu proses panjang dan modal yang tidak sedikit. Jadi, untuk meraihnya saya tidak mau memaksakan brand awareness, yang mesti pakai influencer atau promosi segencar-gencarnya. Saya punya keyakinan, jika konten brand saya relevan, things will be alright.

Jika konten saya relevan, things will be alright.

Mungkin, sama dengan soal teknologi. Meski pada umumnya membantu, tapi juga tidak sedikit tantangan muncul di tengah dinamikanya. Menurut Anda, apa yang mesti diantisipasi para seniman visual, serta bagaimana sebaiknya menyikapi hal ini?

Pertama, para desainer dan ilustrator pasti punya cara mereka masing-masing untuk beradaptasi dengan climate ini. Dan dari berbagai platform yang ada saat ini, saya pikir semua punya fungsi khas, dan menjawab kebutuhan penggunanya dengan cara unik. Jadi yang mesti dilakukan, mungkin, optimalkan kegunaannya untuk menunjukkan karya. Selain itu, presentasi itu sangat penting.

Jika harus menyebutkan salah satu karya, yang Anda anggap terbaik, apakah itu?

Project buku anak-anak berjudul Into the Unknown yang prosesnya lumayan panjang dan makan waktu; namun produk akhirnya sangat worth the effort. Hanya saja, buku itu sangat sulit dipasarkan. Bahkan sampai sekarang, masih mencari cara untuk menjual produk ini.

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Inkonsistensi Seni Jordan Marzuki

By
GetCraft
.
March 17, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Inkonsistensi Seni Jordan Marzuki

By
GetCraft
.
March 17, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya

Related articles