X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Pro-Kontra dan Tips Memulai Bisnis dari Rumah

By
MLR
 •
April 28, 2020

Jika kamu berencana menjalankan sebuah bisnis, kamu mungkin akan memikirkan beberapa hal seperti menyewa tempat dan mengelola karyawan. Namun, bisnis rumahan atau menjalankan bisnis dari rumah saat ini sedang marak dilakukan. Kemampuan teknologi memungkinkan setiap orang untuk bisa saling terhubung dan memberi banyak fleksibilitas dalam bagaimana dan di mana seseorang bekerja.  Walhasil, banyak orang menemukan berbagai cara untuk mengerjakan sesuatu dari rumah dan tetap menghasilkan uang.

Bisnis berbasis rumah datang dalam berbagai bentuk, misalnya membuka online shop. Ketika menjalankan bisnis, beberapa orang mungkin harus mengubah kamar cadangan di rumah menjadi gudang mini untuk menyimpan produk yang akan dijual, sementara hal yang lain akan dikerjakan sepenuhnya secara online. Tetapi secara umum, kamu juga sebenarnya bisa memulai jenis bisnis ini dengan memanfaatkan ruang dan sarana yang sudah ada.


Bisnis berbasis rumah: pro dan kontra

Lakukan pertimbangan-pertimbangan ini sebelum menentukan bisnis rumahan macam apa yang hendak kamu lakukan.

Pro
  • Bisnis dengan investasi rendah memiliki biaya overhead yang lebih sedikit. Seperti biaya sewa gudang, ditambah pengurangan pajak yang bisa kamu klaim;
  • Pilihan untuk menjual produk atau jasa bisa dilakukan secara lokal atau internasional;
  • Memiliki jam kerja yang sangat fleksibel, yang ideal, misalnya bagi kamu juga merupakan seorang ibu rumah tangga;
  • Kamu juga bisa membangun bisnis keluarga, di mana kamu dan juga pasanganmu bisa memenuhi kebutuhan, seperti usaha kuliner skala kecil.
Kontra
  • Kamu mungkin harus memodifikasi salah satu atau beberapa ruangan di dalam rumah untuk menjalankan bisnis. Seperti ruang menyimpan inventaris atau peralatan. Tantangannya adalah kamu bisa menjalankan bisnis tanpa mengganggu kehidupan di rumah;
  • Kamu perlu mematuhi aturan apapun yang berkaitan dengan menjalankan bisnis di rumah. Seperti mengurus izin atau lisensi untuk menjalankan bisnis di lingkungan kamu tinggal;
  • Beberapa bisnis mungkin mengharuskan kamu untuk menambah ruangan tambahan atau bahkan mempekerjakan karyawan di rumah;
  • Bekerja di rumah memberikan banyak kebebasan, tetapi juga bisa membuat kamu kesepian.
Baca juga: Antara Idealisme dan Kepentingan Bisnis
Dok. Unsplash


Berikut adalah beberapa pilihan ide usaha bisnis yang bisa kamu mulai kerjakan dari rumah secara relatif mudah:

1. Membeli produk  dan menjualnya kembali.

Banyak usaha bisnis berpusat pada konsep sederhana, yaitu dengan membeli sebuah produk dalam jumlah besar dan menjualnya secara satuan untuk mendapatkan keuntungan. Kamu bisa mencari dan membeli produk dari luar yang tidak atau masih sedikit tersedia di pasar lokal.

2. Menjual produk buatan sendiri

"Mengubah hobi menjadi bisnis" terdengar klise. Namun, kamu dapat mempertimbangkan keterampilanmu untuk dikomersialisasi lebih lanjut. Kamu punya hobi memasak? Mengapa tidak coba menjual kreativitas dapurmu?

Baca juga: Tips Terjun ke Bisnis Fotografi
Dok. Unsplash
3. Menjadi dropshipper

Dengan metode dropshipping, kamu tidak perlu khawatir memikirkan hal-hal teknis seperti proses produksi, penyimpanan, dan pengiriman produk. Kamu hanya menjalankan tugas pemasaran dan memberikan pelayanan kepada pelanggan. Yang perlu kamu lakukan di awal adalah mencari pihak ketiga yang menjual produk yang ingin kamu pasarkan.

4. Membuka layanan jasa secara online

Membuka layanan jasa lebih sederhana daripada menjual produk dari rumah. Para profesional kreatif, seperti desainer atau pemasar dapat bekerja lepas. Namun, banyak juga di luar kedua pekerjaan itu yang bisa ditawarkan secara online, seperti virtual asisten dan pelatih pribadi. Yang terpenting adalah kamu tahu bahwa kamu memiliki kemampuan dan skill yang bisa kamu tawarkan.

5. Mengajar kelas online

Jika kamu memiliki kemampuan mengajar, kamu bisa membuka kelas secara online. Mengajar dan membagikan ilmu pengetahuan tidak harus selalu dalam forum-forum resmi. Kamu bisa mengubahnya menjadi kelas online kecil-kecilan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan metode ini, seperti mengajar bahasa, atau bahkan untuk beberapa jenis latihan olah tubuh seperti yoga.

6. Meningkatkan jumlah pengikut di media sosial untuk dapat keuntungan

Punya banyak pengikut di media sosial dapat memberikan keuntungan tersendiri. Kamu bisa memulai dengan membuat blog atau memanfaatkan beberapa platform seperti YouTube, Twitter, Instagram, dan Podcast. Ketika kamu bisa meningkatkan jumah pengikut di platform yang kamu gunakan, kamu juga berpotensi menghasilkan keuntungan. Mungkin dengan membuka jasa pemasaran produk yang dikenal dengan istilah endorsement, atau juga bisa dengan menjual produk sendiri.

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Pro-Kontra dan Tips Memulai Bisnis dari Rumah

By
MLR
.
April 28, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Pro-Kontra dan Tips Memulai Bisnis dari Rumah

By
MLR
.
April 28, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya

Related articles