X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Perubahan Pola Hidup Di Masa Pandemi

By
CB
 •
June 4, 2020

Sejak akhir tahun 2019, muncul wabah yang menyerang lebih dari setengah jumlah negara di dunia dengan sifat penyebaran yang cepat. Kehadiran wabah Corona atau Covid-19 ini telah memakan hampir 400 ribu nyawa dan menjangkit nyaris 6 juta jiwa (per akhir mei 2020).

Hal ini sungguh membuat banyak perubahan di setiap negara yang terjangkit, baik di sisi sosial, ekonomi, kultural dan banyak ranah lainnya. Lalu apa saja dampak yang sangat terasa di dalam perubahan pola hidup yang  disebabkan oleh wabah ini? Crafters akan memberitahu beberapa perubahan signifikan yang terlihat dari berbagai sudut pandang.

Dampak Fluktuatif

Tidak semua kalangan memiliki dampak yang sama oleh wabah ini, bisa dilihat dari kalangan ekonomi kelas menengah dan atas yang sebagian besar diharuskan bekerja dari rumah. Sedangkan untuk kalangan kelas bawah yang mau tidak mau harus tetap keluar rumah untuk melanjutkan kelangsungan hidup diri atau dan keluarga. Secara fisik, kesehatan kelas menengah keatas yang mendapatkan izin bekerja dari rumah memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi ketimbang kalangan kelas bawah, namun secara mental lebih menantang karena tidak semua orang dapat mengalami perubahan yang signifikan di jangka waktu yang singkat, terlebih lagi harus menahan diri di dalam rumah untuk jangka waktu yang cukup lama dengan ketidakpastian kapan himbauan mendekam di rumah dan pandemi ini selesai.

Baca juga: Andra Alodita: Mantra Agar Tetap Kreatif!

Perubahan Konsumerisme

Dengan adanya himbauan dan tagar media sosial #dirumahaja, lalu lintas kota besar tidak sepadat biasanya, bahkan bisa dibilang lenggang. Sebagian besar hanya diisi kurir atau mitra ojek online untuk mengantar barang dan makanan. Menurut laporan salah satu perusahaan ojek online di Indonesia yaitu Grab, dengan adanya himbauan untuk berada di rumah saja ini jumlah pesanan barang naik hingga 21,5% di bulan mei 2020, serta kenaikan pengantaran barang mitra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) naik hingga 40%, serta pemesanan layanan pesan antar makanan kuliner sehat naik 7,4% total pemesanan camilan naik 22%, makan siang naik 9,4% dengan porsi yang lebih banyak.

Pemesan pun jadi semakin lebih sering memberikan tip, kenaikan tip pada maret 2020 meningkat 38% dibandingkan bulan sebelumnya. Bukan hanya itu, besaran tip yang diberikan meningkat 63%. Hal ini sangat membantu kelangsungan hidup para pengemudi dan juga para mitra layanan ojek online tersebut. Dengan ini para pengusaha kecil dan menengah dapat terus menjalankan usahanya.

Perubahan Habitual

Perubahan pasti membawa dampak yang baik dan buruk, salah satu dampak baiknya ialah banyak orang yang lebih memperhatikan kesehatan baik dari dalam ataupun luar tubuh. Memakai masker, menjaga jarak, memperhatikan etika batuk, mencuci tangan dengan rajin, memperhatikan asupan makanan agar tetap higienis dan sehat, mendorong diri minum vitamin agar memperkuat antibodi, menjaga kebersihan diri dan rumah serta menjadi lebih berhati-hati secara keseluruhan.

Namun secara mental dan ekonomi dampak yang didapat tidak begitu baik untuk kalangan yang dihimbau untuk bekerja di rumah. Selain adanya peningkatan pemakaian listrik, konsumsi air bersih yang lebih banyak, daftar belanjaan bulanan yang meningkat, serta naiknya harga bahan pangan yang diakibatkan penimbunan bahan pangan di awal maraknya wabah ini membuat banyak yang tidak tahan dan menjadi tidak tertib dalam menjalani PSBB atau yang diketahui dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Di lain sisi, ketidakpastian yang dibawa oleh wabah ini membawa banyak kehidupan ke dalam dunia jejaring sosial. Peningkatan penggunaan media sosial dan internet membawa banyak kebiasaan baru seperti panggilan video, streaming event, online seminar, dan lainnya. Banyak pekerja event yang beralih ke dunia dalam jaringan untuk melanjutkan kelangsungan pendapatannya, seperti konser musik online, live streaming show, dll.

Baca juga: Mengakali Prokrastinasi

Kesimpulan

Wabah ini membawa banyak perubahan yang memberikan dampak yang sangat signifikan di ranah ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan dan tentunya banyak dampak buruk di luar para korban yang terjangkit. Tapi dibalik semua ketidakpastian yang dibawa oleh wabah ini, banyak pembelajaran baru yang di dapat di dalam pola hidup keseharian masing-masing kalangan, seperti mengadaptasi diri dengan budaya yang semakin erat dengan teknologi dan dunia digital atau virtual, yang mungkin setelah wabah ini selesai tidak akan terlalu berubah karena dunia dalam jaringan sudah berkembang sedemikian rupa.

Yang baik yang bisa diambil dari masa-masa ini ialah semakin banyak kesadaran untuk menjaga kesehatan baik diri atau lingkungan sekitar, menjaga kebersihan dan melatih diri menjaga isi kepala agar tidak panik berlebihan namun juga tetap rasional. Saatnya menjaga diri dan orang sekitar dengan lebih awas dan teliti, mari sama-sama menjaga dan bukan menambah kekhawatiran dengan melakukan hal yang berbahaya. Saling jaga kesehatan, yuk.

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Perubahan Pola Hidup Di Masa Pandemi

By
CB
.
June 4, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Perubahan Pola Hidup Di Masa Pandemi

By
CB
.
June 4, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Related articles