X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

5 Penerbit E-Book di Indonesia

By
MLR
 •
March 12, 2020

Di dunia yang serba digital, semua orang dengan mudah dapat memasukkan apapun ke dalam sebuah gawai. Kamu bisa bawa catatan, dengerin lagu, nonton film, hingga baca buku. Tentu saja ini menjadi hal yang menyenangkan dan menguntungkan semua orang, apalagi kalau kamu adalah seorang pembaca buku atau penerbit independent.

Adalah e-book, sebuah versi elektronik dari buku. Jika buku fisik terdiri dari kumpulan kertas berisi teks atau gambar, maka buku elektronik yang mulai populer di masa ini berisikan informasi digital yang dapat disajikan dalam format teks dan gambar. Seorang pembaca buku yang hidup di era digital dan lebih memilih e-book ketimbang buku cetak tak perlu repot lagi membawa buku fisik yang berat. Mereka juga bisa mencari hampir semua judul buku hanya dengan beberapa klik lewat sambungan koneksi internet. Tak hanya itu, menjadi pembaca buku yang hidup di era digital berarti mendukung kelestarian lingkungan. Karena e-book tidak memerlukan kertas sebagai bahan pencetaknya.

Baca Juga: Serunya Dunia Penerbitan dan Masa Depan Peminat Buku

5 Penerbit E-Book di Indonesia
(Dok. Unsplash)

Bicara e-book pasti tak akan lepas dari membicarakan industri penerbitan itu sendiri. Sampai 2020, geliat buku elektronik di ranah industri penerbitan Indonesia sendiri memang belum secepat di luar negeri. Walau demikian, e-book telah memiliki pasar sendiri dan terus bertumbuh. Seperti yang dipublikasikan blog resmi Gramedia. Menurut hasil survei yang dilakukan Gramedia Digital 2019, kisaran 85% dari total responden pengguna media digital memilih e-book sebagai media digital yang paling banyak digunakan disbanding media lainnya. Dari total tersebut, pemilih terbanyak berasal dari Gen Y yang berusia 25-40 tahun.

Geliat e-book tak hanya berhenti di survei tersebut. Nyatanya ada banyak penerbit Indonesia yang menghadirkan buku format e-book. Siapa saja mereka? Crafters telah merangkum beberapa penerbit Indonesia yang menghadirkan e-book di tengah-tengah kita semua!

5 Penerbit E-Book di Indonesia
(Dok. Gramediana)

Gramediana

Diperkenalkan oleh Gramedia dalam Kompas Gramedia Fair 2013. Gramediana menyediakan platform bagi penerbit, penulis, dan pembaca buku. Selain menyediakan buku dalam format digital yang bisa dibaca di desktop dan mobile, Gramediana juga menjual buku cetak melalui teknologi print on demand. Para penulis pun dapat menerbitkan buku mandiri lewat platform ini.

5 Penerbit E-Book di Indonesia
(Dok. Deepublish)

Deepublish

Dengan tujuan membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya, Penerbit buku Deepublish membangun situs self-publishing atau menerbitkan buku secara mandiri. Di sini, para penulis bisa mengirimkan naskah untuk dicetak ke dalam bentuk buku fisik atau e-book sesuai dengan keinginan. Lewat situs tersebut, Deepublish menawarkan kerjasama yang mudah, cepat, dan transparan, serta diperuntukan bagi para pendidik Indonesia.

5 Penerbit E-Book di Indonesia
(Dok. Qbaca)

Qbaca

Merupakan produk toko buku digital yang diprakarsai oleh Telkom dan bertujuan untuk menumbuhkan bisnis buku digital di Indonesia. Qbaca menyediakan buku digital dengan beragam kategori, meliputi bisnis, teknologi, dan keluarga. Di samping menyediakan e-book yang bisa kamu beli dan siap diunduh kapan saja, Qbaca juga membantu menjembatani penulis yang ingin menerbitkan bukunya dengan para penerbit yang telah bekerjasama dengan Qbaca.

5 Penerbit E-Book di Indonesia
(Dok. Karya Virtual)

Karya Virtual

Hadir untuk mempublikasikan dan mencari berbagai karya berupa e-book. Karya Virtual memfasilitasi para penulis yang ingin menerbitkan karya mereka secara komersial maupun nonkomersial. Prosesnya cukup mudah, para penulis hanya cukup membuat karya dan mengunggah karya mereka di situs Karya Virtual. Selebihnya, penerbit ini akan memproses pembuatan e-book dalam bentuk apa saja.

5 Penerbit E-Book di Indonesia
(Dok. Wayang Force)

WayangForce

Sebagai platform e-reading dan e-book yang dikembangkan oleh developer Indonesia, PhaseDev, WayangForce menyediakan majalah, buku, dan berita lokal dalam format digital. Para penulis yang ingin menerbitkan e-book juga dapat menggunakan jasa WayangForce untuk menerbitkan buku elektronik mereka di platform ini.

Menjadi pembaca buku yang hidup di era digital berarti mendukung kelestarian lingkungan. Karena e-book tidak memerlukan kertas sebagai bahan pencetaknya.
5 Penerbit E-Book di Indonesia
(Dok. Unsplash)

Baca Juga: Pentingnya Cara Penyampaian dalam Karya

Jika kamu seorang penulis yang ingin menerbitkan buku sendiri, kelima penerbit di atas bisa menjadi jembatan kamu menerbitkan karya e-book yang kamu idamkan. Dengan semakin bertumbuhnya tren buku elektronik di dalam negeri, keseluruhan lanskap dan eksosistem perbukuan punya masa depan yang sangat cerah. Setuju?

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

5 Penerbit E-Book di Indonesia

By
MLR
.
March 12, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

5 Penerbit E-Book di Indonesia

By
MLR
.
March 12, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials
Tags:

Related articles