X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Menata Kreativitas ala Food Influencers

By
Syarief Hidayatullah
 •
March 12, 2020

Aktor William Shatner yang identik dengan peran Kapten James T. Kirk di film “Star Trek” pernah berucap, “Energi adalah kunci menuju kreativitas”. Entah karena ia terbiasa bersentuhan dengan istilah ‘warp energy’ atau bukan, yang jelas ucapannya memang tak bisa disangkal.

Untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif, diperlukan banyak energi atau tenaga, baik fisik maupun pikiran. Pada dasarnya semua orang punya sisi kreatif di dalam dirinya, namun tak semua orang yang mengasah dan menuangkan kreativitas dari dalam diri dengan baik.

Hal ini juga berlaku bagi individu atau kelompok yang terjun ke dalam dunia influencers di media sosial, baik sebagai food blogger, travel vlogger, instagrammer, dan berbagai ‘predikat’ lainnya.

Lihat inspirasi influencer makanan & resep yang bergabung di GetCraft

instagram food influencer 4

Khusus tentang food instagrammer, sekilas profesi ini terlihat menyenangkan: bicara tentang makanan di Instagram. Namun sebagai influencers yang punya kewajiban untuk menginformasikan makanan maupun tempat makan terbaru secara konsisten setiap hari, kreativitas tentu diperlukan agar apa yang ditampilkan bisa selalu menarik, mempertahankan pengikut (followers), hingga mengundang pengikut baru.

Pasangan Mullie Marlina dan Andy Pau tahu benar pentingnya kreativitas di dalam pekerjaan mereka sebagai food influencers. Pengelola akun Instagram dan saluran Youtube Myfunfoodiary ini terus mengasah kreativitas agar berbagai saluran media sosial yang mereka kelola selalu dapat memuaskan semua pihak, pengikut umum di satu pihak, dan pihak endorser (untuk project sponsor) di sisi yang lain.

“Kreativitas itu karya atau pemikiran yang tidak terbatas. Sebuah potensi yang dikeluarkan seseorang yang memiliki passion dan inisiatif pada bidang yang disukainya, untuk menghasilkan sebuah karya yang dapat dinikmati oleh orang lain.”

Begitu definisi kreativitas yang dilontarkan Mullie. Tentu influencers tak hanya harus pandai mengartikan definisi kata yang lekat pada profesinya, namun berbagai hal lain yang tak kalah penting, sehingga tidak tenggelam di antara kerumunan.

Informasi adalah yang terpenting

Saat membagi (share) foto atau video kepada para pengikutnya, Mullie menekankan unsur informasi di dalam karyanya. Pembagian informasi tersebut tentu tidak sekadar bercerita secara lisan, namun lewat suguhan foto-foto dan video yang dihasilkan.

Informasi tersebut dapat berupa pengalaman wisata kuliner ke luar kota, cafe hopping (mencoba kafe baru atau tempat makan yang sedang happening), atau informasi rekomendasi tempat-tempat seru saat traveling. Kombinasi atas kedua hal ini akan sangat membantu untuk memberikan inspirasi visual kepada para pembaca dan viewers video.

Pentingnya karakter

Mantan presiden Amerika Abraham Lincoln pernah berkata, “Karakter itu ibarat pohon, sementara reputasi ibarat bayangan.” Bayangan adalah sesuatu yang ada di dalam pikiran, sementara pohon adalah hal yang nyata.

Maka Mullie pun tidak lupa untuk memasukkan karakter khas di setiap karyanya, antara lain kesan cheerful, energetic, ulasan dan pengalaman nyata dan jujur, menjadi ‘standarisasi’ dalam menghasilkan karya.

instagram food influencer 3
AIDA sebagai salah satu panduan

Jangan remehkan model pemasaran AIDA (Awareness, Interest, Desire and Action). Mullie mengaku sering menerapkannya. Hal ini diawali dengan mengetahui tujuan dan pesan yang ingin disampaikan oleh produk atau brand, baru memikirkan tema konsep foto atau video yang akan dibuat.

Impresi pertama, baik dari segi visual maupun tulisan, menjadi penekanan selanjutnya dalam menerapkan model AIDA. Dari impresi pertama itulah, influencer bisa mempengaruhi viewers, menciptakan ketertarikan atau minat orang yang melihat pada foto atau video yang di-posting, membuat mereka ingin merasakan juga, hingga ingin mencoba.

Kreativitas itu potensi yang dikeluarkan seseorang yang memiliki passion dan inisiatif pada bidang yang disukainya, untuk menghasilkan sebuah karya yang dapat dinikmati oleh orang lain.
Inspirasi dan eksplorasi

Tiada hari tanpa terus mengembangkan diri. Terus mencari inspirasi dan mengeksplorasi diri menjadi salah satu kunci sukses. Menurut Mullie, di luar sana, banyak sekali fotografer dan videografer yang menginspirasi mereka berdua. Namun seringkali, inspirasi suka datang tiba-tiba, bahkan dalam momen kecil yang ada dalam kegiatan sehari-hari.

Sementara eksplorasi, dapat dilakukan dengan terus mengasah kemampuan teknik foto atau video, teknik pencahayaan, dan tentunya tetap berani mencoba. Sering-seringlah mengambil gambar atau video, terlepas dari hasil presentasi makanan bagus atau kurang menarik.

instagram food influencer 2

Dalam tuntuan profesi Mullie dan Andy yang terkadang atau sudah pernah memfoto makanan yang sama, insting untuk melihat nuansa baru di lingkungan sekitarnya dapat menjadi pembeda. Tak jarang terdapat menu yang sama, namun mood dan ambiance saat satu kunjungan ke kunjungan berikutnya bisa berbeda.


Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Menata Kreativitas ala Food Influencers

By
Syarief Hidayatullah
.
March 12, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Menata Kreativitas ala Food Influencers

By
Syarief Hidayatullah
.
March 12, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya

Related articles