X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Membuat Thread di Twitter yang Menarik Banyak Audiens

By
Kalya Risangdaru
 •
March 12, 2020

Kisah syarat menikah yang diminta Rara Jonggrang membuat kita percaya bahwa kita bisa membuat suatu yang besar, epic dan fenomenal dalam waktu satu malam. Candi Prambanan kemudian berhasil dibangun oleh Bandung Bondowoso yang kebelet menikah dalam satu malam.

Sebuah kerajaan dalam satu malam rasanya hanya ia yang mampu melakukannya. Tapi, benarkah begitu? Di era digital ini, “kerajaan media sosial” bukan tidak mungkin dibangun dalam waktu semalam dan mencapai kesuksesan yang besar. Apakah mungkin? Lewat serangkaian seri tweet yang disebut dengan thread, bukan tidak mungkin hal itu terjadi dan kamu bisa menjadi seorang influencer profesional setelahnya.

Twitter sendiri, adalah pilihan platform media sosial yang cukup berjaya di deretan media sosial lain yang dipilih oleh warganet di Indonesia. Kerajaan Twitter hampir mendapatkan kejutan viral setiap harinya dan pengguna di dalamnya seakan secara acak mendapatkan atensi tinggi–tentunya lewat kreasi konten orisinil yang baik.

Melalui bentuk thread yang popularitasnya sedang meningkat di Twitter, kita bisa berharap untuk menjadi Raja Twitter dalam waktu satu malam saja. Terbukti kok, banyak orang yang berhasil melakukannya lewat rangkaian tweet yang berisi tips dan trik edit foto, informasi soal hotel murah meriah, pandangan soal suatu isu, bahkan sampai kisah cinta apes. Selain itu, bentuk thread di Twitter rasanya selalu menarik untuk dibaca dan mudah dipahami karena keramahan tampilannya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Menjadikanmu Content Creator Sukses!

Membuat Thread di Twitter yang Menarik Banyak Audiens
(Dok. Unsplash)

Thread di Twitter merupakan sebuah bentuk sekumpulan seri tweet yang dalam tampilannya tersambung dari tweet pertama yang telah kita buat (bayangkanlah sebagai sebuah cerita bersambung). Untuk membuatnya, si pengguna bisa dengan mudah me-reply tweet awal yang telah di rangkai menjadi sebuah judul dari cerita yang akan berlangsung di tweettweet selanjutnya. Dalam thread, pengguna Twitter juga diperbolehkan meng-input foto, video atau GIF sebagai keterangan penjelasan.

Thread di Twitter yang Menarik

Jika bicara thread Twitter yang berhasil viral atau di-retweet ribuan orang, ada banyak bentuk yang menarik. Namun, kita bisa menyimpulkan bahwa kebanyakan thread tersebut relevan dan edukatif untuk orang lain.

Menurut Slaying Social, hal yang perlu kita ingat setiap kali membuat thread di Twitter adalah untuk memikirkan pain points dan masalah yang mungkin saja dihadapi para followers atau pengguna media sosial Twitter. Baru kemudian, kita memikirkan dan memberikan solusi yang memiliki banyak nilai edukatif bagi mereka. Intinya, dalam thread di Twitter, ada baiknya kita memulai dengan masalah dan mengakhiri dengan solusi konkret.

Memikirkan tema dari sebuah thread di Twitter tidak perlu rumit. Dari segala sesuatu permasalahan sederhana yang kamu alami sehari-hari bahkan bisa menjangkau audiens yang memiliki atau sedang menghadapi permasalahan yang sama. Jika kamu mengetahui cara/konklusi dari permasalahan tersebut, maka tidak ada salahnya membaginya lewat serangkaian tweets!

Baca Juga: Tips Influencer: Menulis Sponsored Content Sesuai Personamu

Membuat Thread di Twitter yang Menarik Banyak Audiens
Contoh thread di Twitter (Dok. Twitter)
Membuat Thread di Twitter yang Menarik Banyak Audiens
Contoh lain thread di Twitter (Dok. Twitter)

Selanjutnya, untuk membuat thread tersebut bisa dinikmati, kamu harus menjaga relevansi dari solusi permasalahan yang kamu tawarkan. Agar tidak membosankan, kamu bisa selingi dengan artikel-artikel yang tentunya berhubungan dengan masalah yang kamu angkat. Atau, lewat visual-visual yang menarik, bukan tidak mungkin serial tweets-mu menjadi viral!

Dalam banyak kesempatan, fitur Twitter dalam membuat sebuah thread yang diluncurkan pada tahun 2017 ini, kamu bisa meningkatkan mutu dari konten buatanmu dan menjaring lebih banyak audiens lewatnya. Selamat mencoba!

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Membuat Thread di Twitter yang Menarik Banyak Audiens

By
Kalya Risangdaru
.
March 12, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Membuat Thread di Twitter yang Menarik Banyak Audiens

By
Kalya Risangdaru
.
March 12, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya

Related articles