X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Kapan Waktu Terbaik Unggah Postingan di Instagram?

By
MLR
 •
May 15, 2020

Jika kamu ingin mulai membangun portofolio jejaring sosial Instagram, kamu perlu membuat konten menarik yang sesuai dengan selera audiens kamu demi membangun jumlah pengikut yang cukup besar. Pernyataan ini bukan lagi rahasia umum. Tapi kalau kamu enggak mengunggah konten pada waktu yang tepat, kebanyakan dari audiens atau calon audiens kamu enggak akan melihat konten yang sudah susah payah kamu buat.

Kapan kira-kira waktu yang tepat untuk mengunggah video dan foto di jejaring sosial, terutama Instagram, demi mendapatkan respons yang maksimal? Kamu bisa mulai dengan bertanya pada influencer yang membangun bisnis berbasis jejaring sosial. Setelah itu, kamu perlu mempelajari faktor algoritma jejaring sosial terbaru, lantaran sistemnya terus berubah secara berkala.

Jadi, pertanyaannya, bagaimana sih cara mengetahui waktu unggah yang optimal di Instagram? Cara terbaik menemukan jawabannya adalah dengan bereksperimen; membuat beragam konten dan mengunggahnya di waktu tertentu, lalu membandingkannya kemudian.

Tentu saja bereksperimen dengan membuat banyak konten akan menguras tenagamu. Bagi kamu yang enggak memiliki sumber daya atau waktu yang cukup melakukan eksperimen ini, Sprout Social, sebuah platform manajemen media sosial dengan lebh dari 24.000 pelanggan sudah melakukannya untukmu.

Tepatnya tahun 2019, Sprout Social melakukan analisis data pelanggannya untuk melihat kapan dan jam berapa tepatnya unggahan di jejaring sosial mereka mendapatkan engagement terbanyak. Mereka bahkan sudah mengelompokkan data tersebut berdasarkan industri dan jejaring sosialnya.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai bagaimana algoritma Instagram bekerja di tahun 2020 dan kapan tepatnya kamu harus mengunggah agar dapat membangun jumlah pengikut yang besar? Berikut Crafters rangkum informasi mengenai strategi membangun jumlah pengikut di jejaring sosial Instagram dari berbagai sumber.

Dok. Unsplash
Baca juga: Problem Kesehatan Mental bagi Influencer Instagram

Algoritma Instagram dan Bagaimana pengaruhnya Terhadap Waktu Tepat Mengunggah Postingan

Masih ingat bagaimana Instagram bermula dari jejaring sosial yang beroperasi sesuai dengan urutan kronologis? Sekarang aturan itu tidak lagi berlaku. Instagram membeberkan aturan algoritma terbaru di sebuah presentasi tahun 2018. Isi presentasi tersebut mengungkapkan algoritma yang terbaru memiliki 3 faktor utama yang membuat sebuah unggahan dapat dilihat oleh pengikut potensial kamu, termasuk:

  • Interest (Ketertarikan): Unggahan yang menampilkan konten bertema tertentu dan pernah dilihat oleh seseorang akan muncul lebih sering di feed teratas.
  • Recency (Terkini): Unggahan terbaru akan mendapatkan prioritas ranking daripada postingan yang berumur beberapa hari atau beberapa minggu lalu.
  • Relationship (Hubungan): Unggahan dari teman, anggota keluarga, dan pengguna dengan interaksi paling banyak akan muncul di feed teratas.

Jika kamu ingin membangun porofolio Instagram dengan jumlah pengikut yang besar, maka faktor recency jadi elemen penting yang harus kamu perhatikan saat bereksperimen untuk mengetahui waktu unggah yang tepat. Strategi yang dapat kamu lakukan adalah:

  • Unggahlah konten lebih sering. Makin sering kamu mengunggah konten, berarti makin sering juga unggahanmu diprioritaskan muncul di feed teratas.
  • Unggah konten khususnya di waktu orang-orang mengakses platform tersebut. Jika unggahanmu dibuat mendekati waktu saat orang-orang paling banyak mengakses jejaring sosial, maka unggahanmu dapat dilihat oleh lebih banyak orang.

Berita terkini yang muncul di tahun 2019 memperjelas algoritma Instagram berkaitan dengan batasan unggahan yang tampak oleh pengikut. Dalam sebuah twit, akun resmi Instagram mengatakan jika apa yang muncul pertama kali di linimasamu adalah akun yang paling sering berhubungan denganmu, ditambah beberapa faktor lain seperti seberapa sering kamu menggunakan Instagram, berapa banyak akun yang kamu ikuti, dan sebagainya.

Instagram juga mengatakan jika konten yang diunggah tak pernah disembunyikan dari para pengguna mereka. Selama pengguna Instagram menggeser ke bawah, mereka akan melihat semua konten dari akun-akun yang mereka ikuti.

Dok. Unsplash

Waktu Terbaik Mengunggah Konten

Berdasarkan laporan 2019 yang dibuat oleh Sprout Social, waktu terbaik mengunggah konten di Instagram adalah:

  • Minggu: 10:00 - 14:00
  • Senin: 09:00 – 17:00 (Banyaknya engagement yang bisa kamu temukan rata-rata pada pukul 11:00 dan 14:00)
  • Selasa: 08:00 – 18:00, * 19:00
  • Rabu: 05:00 , * 11:00 – 15:00
  • Kamis: 05:00, * 11:00 – 16:00
  • Jumat: *05:00, 09:00- 10:00, * 11:00 – 13:00, 14:00 – 16:00
  • Sabtu: 09:00 – 11:00

*= cenderung memiliki tingkat engagement yang tinggi

Kamu juga bisa melihat grafik engagement Sprout Social di bawah ini untuk bisa melihat data yang terekam rata-rata dalam satu minggu:

Dok. Sprout Social
Baca juga: Tips Bikin Konten saat Pandemi

Penting untuk diingat jika slot waktu yang dijabarkan di atas hanya menampilkan tiga slot waktu teratas untuk tiap harinya. Ini tidak menjadi jaminan menentukan hari yang terbaik untuk mengunggah konten.

Kembali melihat data Sprout Social, kamu bisa melihat bahwa hari Rabu merupakan hari terbaik di seluruh minggu untuk mengunggah postingan kamu karena besarnya jumlah pengguna yang terekam di sana.

Terlepas dari semua temuan berbeda ini, kamu tidak akan tahu persis apa yang terbaik sampai kamu mulai bereksperimen dan merekam datanya. Sekali lagi, semuanya tergantung pada target pengikut kamu dan bagaimana kamu menggunakan Instagram untuk terhubung dengan pengikut kamu.

Setiap pengikut akun Instagram adalah kelompok orang yang berbeda. Untuk membangun jumlah pengikut yang besar dan aktif, kamu perlu mengenal siapa pengikut kamu dan salah satu cara terbaik mengenal serta menarik perhatian mereka adalah dengan mengetahui secara pasti kapan mereka sering menggunakan aplikasi tersebut. Sudah siap untuk bereksperimen?

Kapan Waktu Terbaik Unggah Postingan di Instagram?

By
MLR
.
May 15, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Kapan Waktu Terbaik Unggah Postingan di Instagram?

By
MLR
.
May 15, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Related articles