X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Fotografi Mainan 101

By
BR
 •
July 3, 2020

Tren media sosial membuat dunia fotografi semakin seru. Tidak hanya foto traveling atau fashion OOTD yang Instagramable, foto action figure maupun mainan mungil juga ramai ditampilkan lewat foto-foto unik yang kreatif. Salah satu penghobi fotografi mainan yang bisa dilihat karyanya di Instagram ialah Tatsuya Tanaka, seorang seniman fotografi mainan asal Jepang dengan dunia miniatur yang out of the box. Seolah-olah ia tak pernah kehabisan ide dalam mengkombinasikan objek sehari-hari dengan figur miniatur.

Selain Tatsuya Tanaka, kamu juga bisa melihat karya Edy Hardjo atau Hrjoe Photography yang dikenal usil dan kocak dalam menggunakan figur superhero Marvel. Selain pernah menggelar pameran sendiri, karyanya pernah mendapat pujian dari Mark Rufallo yang merupakan pemeran Hulk, salah satu superhero Marvel.

Miniatur fotografi seperti karya Tatsuya Tanaka dan Hrjoe Photography merupakan salah satu bentuk seni fotografi yang memadukan antara yang nyata dengan yang surealis. Untuk bisa melakukannya, kamu perlu bermain dengan imajinasi dan kreativitas kamu. Berikut tips membuat foto miniatur:

Dok. Tatsuya Tanaka
Dok. Edy Hardjo

1. Masukkan beberapa ide ke dalam perencanaan adegan foto miniatur kamu

Pertama-tama, kamu perlu memikirkan sebuah adegan di mana kamu dapat memasukkan entitas skala nyata ke dalam adegan figur miniatur. Jika sudah dapat, catat dan mulai dengan persiapan yang diperlukan. Menentukan model karakter mainan sebagai sasaran tentu tidaklah sulit bagi yang sudah ahli. Namun, bagi kamu yang masih awam, maka kamu bisa gunakan mainan yang ada di rumah kamu. Untuk masalah properti, sebenarnya semua yang ada di sekitarmu bisa digunakan sebagai properti. Lihatlah cara Tatsuya Tanaka mempermainkan objek-objeknya.

2. Sediakan studio photo mini box

Usai mengumpulkan semua objek dan properti, selanjutnya adalah menyiapkan studio photo mini box. Benda ini sudah banyak beredar di pasar. Namun, jika kamu ingin bereksperimen dan membuatnya sendiri, kamu bisa menyimak tutorial di Toy Photography 101.

Studio photo mini box ini terdiri dari bingkai tubular berbentuk kubus, dengan penutup luar dan interior yang sepenuhnya bersifat reflektif: latar belakang dari plastik fleksibel dan biasanya berwarna putih, yang bisa diganti dengan warna apa pun sesuai keperluan. Selain itu, kamu perlu memasang 2 lampu magnet LED strip ke bingkai tubular sebagai sumber cahayamu.

Baca juga: Bikin Komik Pakai Unreal Engine

3. Gunakan flash speedlight

Pencahayaan adalah kunci utama fotografi. Kamu dapat memulainya dengan menempatkan Speedflash pada jarak jauh di sudut kiri atau sudut kanan di bagian depan studio photo mini box. Pengaturan Speedlight dapat memberikan pencahayaan frontal serta meningkatkan kroma dari latar belakang, terutama jika kamu menggunakan latar berwarna putih.

4. Eksplorasi gambar dari berbagai sudut

Ketika komposisi adegan dan pencahayaan sudah sesuai. Kamu bisa mulai memotret. Jangan takut bereksperimen dengan memotret bebas dari berbagai sudut - ini akan menghasilkan gambar yang berbeda, yang kemudian dapat kamu seleksi sesuai favoritmu. Dan tak kalah penting, pastikan pengaturan kamera kamu sudah tepat.

5. Luangkan waktu untuk proses editing

Konsep editing dalam fotografi sebetulnya memiliki banyak aliran. Banyak selera di balik proses tersebut, tergantung siapa yang mengolahnya. Dalam teknik fotografi mainan sendiri, tidak ada rujukan proses editing yang pasti

Luangkan diri kamu untuk memeriksa detail gambar. Kamu bisa menggunakan aplikasi digital seperti Photoshop. Selain itu, kamu juga bisa melakukan modifikasi gambar sesuai selera dan kreativitas kamu. Setelah semua sudah pas, selanjutnya tinggal mempublikasikan karya fotografi mainanmu, deh!

Dok. Felix Hernandez

Baca juga: Waspada Plagiator Karya!

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Fotografi Mainan 101

By
BR
.
July 3, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Fotografi Mainan 101

By
BR
.
July 3, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Related articles