X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Bikin Film dengan Teknik One Shot!

By
BR
 •
March 26, 2020

Film 1917 yang dirilis Januari 2020 lalu berhasil memenangkan nominasi Film Drama Terbaik Golden Globe 2020. Selain itu, film ini juga masuk sebagai nominasi Piala Oscar, bersaing dengan film-film terbaik lainnya seperti Ford vs Ferrari dan Parasite. Yang menarik dan bikin edan adalah, kenapa film besutan Sam Mendes ini layak masuk sebagai salah satu nominasi Piala Oscar. Selain dari sisi cerita, teknik sinematografi film ini cukup berani dalam mengaplikasikan konsep one shot.

Tidak seperti kebanyakan film lain yang merupakan gabungan beberapa video yang berbeda dan disatukan dalam proses editing, teknik one shot yang dipakai dalam film ini seolah tidak memperlihatkan jeda atau cut selama proses syuting berlangsung. Seolah-olah kamera berjalan secara langsung, terus-menerus (continuous) mengikuti aktor utama sepanjang film.

One shot, atau sebagian menyebutnya dengan istilah long take, merupakan teknik pengambilan gambar dalam film di mana adegan terlihat diambil tanpa jeda atau terpotong, alias tidak pakai cut. One shot dipercaya bisa menambah kadar emosi dalam  narasi sebuah film, sekaligus menyatakan bahwa film tersebut memiliki kualitas teknik tinggi. Kenapa begitu?

Membuat film dengan teknik one shot bukan perkara mudah. Dalam aplikasinya, teknik pengambilan gambar ini membutuhkan kesabaran dan persiapan yang sangat matang, serta kerjasama yang baik antar sutradara, aktor, sinematografer, dan juru kamera yang terlibat untuk mengambil adegan tanpa putus. Pertanyaannya adalah: apakah benar semua adegan dalam film 1917 diambil secara one shot dan benar-benar tanpa ada cut dan editing?

Jawabannya tentu saja tidak~

Beberapa film mungkin benar-benar melakukannya, seperti film Russian Ark (2002) atau Victoria (2015). Salah satu film peraih Film Terbaik Academy Award, Birdman (2014), menggunakan trik visual yang sangat pintar untuk menyatukan beberapa gambar sehingga terlihat seperti video panjang yang menggunakan teknik one shot. Jika kamu memperhatikan lebih dekat, kamu akan menemukan beberapa hidden cuts seperti dalam film 1917.

Film Rope (1948) pertama kali memperkenalkan metode baru dalam membuat sebuah film pada saat itu. Di mana semua cut, dissolve, fade-out, dan jeda apapun dalam video panjang dihilangkan, sehingga tampak seperti memakai teknik one shot.

Dalam hal ini, beberapa trik digunakan untuk transisi hidden cuts tersebut. Transisi film sendiri merupakan teknik yang digunakan dalam proses pasca-produksi atau penyuntingan film yang menggabungkan gambar-gambar di seluruh adegan. Berikut beberapa trik yang digunakan.

Same Colour Transition

Trik yang paling mudah dilakukan, jika kamu melihat tayangan film Rope (1948), kamu akan melihat adegan di mana seorang aktor menggunakan jas berwarna hitam bergerak maju untuk mengangkat telepon dan membelakangi kamera sehingga menutupi seluruh layar dengan pakaiannya. Di situlah terjadi hidden cut. Kemudian adegan disambung adegan lain dengan awal latar warna yang sama dengan warna jas yang dipakai sang aktor, sehingga tampak seperti tidak ada cut.

Motion Blur

Mirip dengan trik di atas, motion blur memfungsikan gambar blur untuk melakukan transisi. Beberapa metode sebagai trik motion blur yaitu menggunakan asap, genangan air di atas permukaan jalan, termasuk menggerakkan kamera secara cepat untuk menghasilkan efek blur. Beberapa film yang menggunakan teknik ini adalah Birdman (2014), Cloverfield (2008), dan Snake Eyes (1998).

The Texas Switch

Banyak yang mengatakan bahwa trik ini adalah trik paling keren dalam membuat film. Teknik ini digunakan dalam sinematografi, VFX, dan aksi di mana seorang karakter melakukan aksi yang luar biasa rumit, sehingga transisi dari aktor utama ke pemeran pengganti (stuntman) dapat disembunyikan melalui pengambilan gambar dan gerakan kamera yang cerdas. The Place Beyond the Pines (2012),  Captain America: The Winter Soldier (2014), The Naked Gun (1988), Aquaman (2018) adalah sekian film yang memakai trik ini.

Bikin Film dengan Teknik One Shot!

By
BR
.
March 26, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Bikin Film dengan Teknik One Shot!

By
BR
.
March 26, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Related articles