X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Festival Buku & Literatur 2020 yang Wajib Kamu Kunjungi!

By
MLR
 •
March 12, 2020

Bagi para pecinta aksara, festival buku dan literatur menjadi ajang yang menarik untuk dikunjungi. Bagaimana tidak? Di sini, para pegiat buku -baik nasional maupun internasional- bisa saling berkumpul membahas hal yang mereka sukai. Mulai dari membahas isu terkait literatur, diskusi ide-ide naratif, dan tentunya berburu buku murah.

Kalender Indonesia selalu ramai dengan festival buku dan literatur. Dari ibukota Jakarta hingga kepulauan Nusa Tenggara Timur, festival buku dan literatur selalu ada untuk mengakomodir minat membaca buku. Ingin tahu apa saja festival yang ada di Indonesia? Craftersmerangkum beberapa festival buku dan literatur yang wajib kamu ketahui di tahun 2020. Berikut daftarnya.

(Dok. Indonesia International Book Fair)

Indonesia International Book Fair (IIBF)

Adalah pameran buku tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Didirikan pada tahun 1980, IIBF yang awalnya muncul dengan nama Indonesia Book Fair ini tak hanya mempromosian produk sastra, tapi juga seni, budaya, dan laku-laku kreatif lain melalui lisensi hak dan cara kerja sama lainnya.

Tahun 2020, IIBF akan diadakan di Jakarta Convention Center, Assembly Hall, pada tanggal 9-13 September 2020.

(Dok. Big Bad Wolf)

Big Bad Wolf

Pertama kali diadakan di Malaysia pada 2009. Digagas oleh pasangan suami istri Andrew Yap dan Jacqueline NG, Big Bad Wolf bertujuan untuk mendukung minat membaca secara global. Acara yang terdiri dari pameran dan penjualan buku ini telah menyambangi beberapa negara seperti Thailand, Taiwan, Indonesia, Sri Lanka, Pakistan, Myanmar, Korea Selatan, Filipina, juga Uni Emirat Arab.

Big Bad Wolf menyediakan beragam bacaan dunia dengan harga miring. Nilai kortingannya mulai dari 60-80%. Masuk ke sini juga gampang banget! Mengingat pameran ini buka 24 jam, kamu bisa mengunjungi pameran ini kapan saja sesuai dengan waktu senggang kamu.

Di tahun 2020, Big Bad Wolf akan diadakan pada tanggal 6-16 Maret di ICE BSD Hall 6-10.

(Dok. Patjar Merah)

Patjar Merah

Digagas dengan konsep "pasar buku murah di ruang-ruang publik yang mulai terbengkalai". Patjar Merah merupakan salah satu festival literasi yang keberadaannya diapresiasi secara positif. Festival ini sendiri telah digelar di Yogyakarta, Malang, dan Kota Semarang. Awal tahun ini, Patjar Merah juga digelar di kawasan M Bloc, Jakarta.

Patjar Merah menyediakan ratusan judul buku dengan varian kategori. Mulai dari fiksi, nonfiksi, pengetahuan populer, agama, hingga filsafat. Tak perlu khawatir dengan harganya, sebab harga buku-buku di Patjar Merah sangat terjangkau. Saking terjangkaunya, pegiat Wayang Tenda Nandang Wuyung sampai berkata kepada radio Idola Semarang cukup dengan membawa uang Rp 10ribu, pengunjung bisa membawa pulang sebuah buku.

Sesuai dengan semangat keanekaragaman dalam festival ini, topik literatur yang dihadirkan juga mencakup media sosial, panduan memasak, social branding, pustaka pertunjukkan, dan macam-macam lainnya. Oleh karena itu, Festival Patjar Merah tak hanya menyediakan pasar buku, tapi juga beberapa rangkaian acara yang terdiri dari lokakarya Patjar, tamasya Patjar, panggung Patjar, ;ayar Patjar, dan obrolan Patjar.

(Dok. Festival Literasi Sekolah)

Festival Literasi Sekolah

Demi meningkatkan minat dan bakat mengembangkan kemampuan menulis cerpen, syair, dan komik, Kemendikbud menggelar Festival Literasi Sekolah. Festival ini terdiri dari rangkaian kegiatan dan lomba bagi siswa SMA/SMK untuk meningkatkan sensitivitas, daya apresiasi, kreasi, serta ekspresi seni dan budaya. Kamu juga bisa menemukan berbagai kegiatan seperti diskusi, lokakarya literasi, peluncuran, bedah buku, bazar, sampai pemutaran film.

(Dok. Ubud Writers & Readers Festival)

Ubud Writers & Readers Festival

Sesuai dengan namanya, Festival tahunan yang merupakan proyek dari Yayasan Mudra Swari Saraswati ini diadakan di kawasan Ubud, Bali. Digagas pertama kali oleh pendiri Yayasan Janet DeNeefe sebagai proyek penyembuhan atas bencana bom Bali pertama di tahun 2004. Kini, Ubud Writers & Readers Festival telah berkembang menjadi selebrasi kesenian dan sastra dalam skup internasional.

Selama lima hari, Ubud Writers & Readers Festival ini menghadirkan program acara yang menarik. Mulai dari obrolan seputar sastra kontemporer dengan berbagai pembicara dari dalam dan luar negeri, pertunjukan, hingga lokakarya langsung. Ubud Writers & Readers Festival merupakan tempat yang tepat bagi kamu yang ingin mendiskusikan inspirasi, gagasan, dan keprihatinan komunal, serta menyaksikan sendiri bagaimana sebuah dialog lintas budaya berlangsung.

Ubud Writers & Readers Festival tahun ini akan berlangsung pada 28 Oktober - 1 November 2020.

(Dok. Makassar International Writers Festival)

Makassar International Writers Festival

Meningkatnya jumlah perpustakaan komunitas, minat terhadap buku, dan dorongan untuk membuat suaka bagi penulis dan seniman untuk berkolaborasi di Makassar menjadi alasan dibentuknya festival ini.

Makassar International Writers Fest yang dikelola oleh Rumata Artspace ini bertujuan untuk meningkatkan kebiasaan membaca di kalangan Indonesia, terutama anak muda dan mahasiswa, termasuk mendorong kegiatan menulis dan publikasi. Di festival ini, kamu akan menemui tokoh-tokoh sastra nasional dan internasional, mengikuti lokakarya, dan menambah wawasanmu mengenai industri buku yang sekarang tengah berjalan.

Makassar International Writers Festival tahun ini akan diadakan pada 24-27 Juni 2020.

(Dok. Festival Literasi Sabu Raijua)

Festival Literasi Sabu Raijua

Kalau kamu berencana mengunjungi Kupang di bulan Oktober nanti, tak ada salahnya mampir ke Festival Literasi Sabu Raijua. Dibentuk dari hasil kerja sama antara Pemda Kabupaten Sabu Raijua, salah satu kabupaten termuda di propinsi Nusa Tenggara Timur, dan Perpustakaan Nasional.

Festival Literasi Sabu Raijua akan diadakan pada bulan Oktober 2020. Festival hasil rancangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini nantinya tak hanya menyajikan aktivitas baca dan tulis sebagai bentuk kegiatan literasi, tapi juga menyediakan beragam kuliner, destinasi wisata, serta pertunjukkan alat musik.

Itulah beberapa acara pameran buku dan festival literatur yang wajib disambangi bagi para pembaca dan penulis. Dari acara-acara di atas, acara mana yang akan kamu kunjungi di tahun 2020 ini?

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Festival Buku & Literatur 2020 yang Wajib Kamu Kunjungi!

By
MLR
.
March 12, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Festival Buku & Literatur 2020 yang Wajib Kamu Kunjungi!

By
MLR
.
March 12, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya

Related articles