X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Desain Bangunan Kreatif dalam Menghadapi Krisis

By
BR
 •
May 27, 2020

Beranjak dari kondisi pandemi covid-19 yang tidak terelakkan saat ini, setiap negara dan penduduknya sudah semestinya memiliki kemampuan dan tanggap dalam menghadapi krisis yang terjadi. Salah satunya dengan menata kembali tata ruang dan mendesain bangunan sebagai tempat penampungan darurat sementara.

Dengan perkiraan 900 juta orang di seluruh dunia untuk tetap di rumah karena virus, ada sejumlah rumah sakit yang tidak bisa memenuhi kapasitas yang diperlukan untuk merawat pasien yang terinfeksi virus covid-19. Belum lagi orang-orang yang harus mengisolasikan diri selain di rumah sakit.

Pada saat yang sama, urgensi akan tempat penampungan darurat sebetulnya bukan hanya untuk menyiasati kondisi virus atau pandemi ini. Yang menjadi perhatian utama yakni jumlah populasi dunia yang harus dirawat di tengah kondisi rentan akibat bencana.

Menjawab persoalan ruang ini, arsitek harus cermat dalam  membantu restrukturisasi ruang-ruang yang bersifat darurat-sementara yang aplikatif.

Baca juga: Desain Subliminal dalam Iklan


Bagaimana arsitektur darurat-sementara dirancang?

Yu Sing, salah satu arsitek Indonesia, pernah memberikan kuliah umum dalam Kongres Kebudayaan Indonesia tahun 2018 dengan tema ‘Arsitektur Yang Tanggap Bencana’. Dalam sesi kuliah umum tersebut, ia mengingatkan masyarakat di Indonesia untuk mengingat kembali konsep-konsep rumah adat masa lampau dalam membangun properti. Menurutnya, bukan tanpa sebab jika rumah-rumah adat para pendahulu kita dibangun demikian adanya. Prinsipnya adalah asas guna, yang terlihat dalam konsep arsitektural rumah panggung asal Betawi. Rumah panggung yang dibangun melayang di atas tanah bertujuan sebagai pengaman dari air pasang.

Kembali lagi, dalam kuliah umum juga dibahas hal-hal yang berkaitan dengan peran dari para arsitek di seluruh dunia untuk dapat membantu dalam menanggulangi permasalahan-permasalahan seperti saat ini, sambil mewujudkan sebuah lingkungan atau tata kota yang tanggap terhadap suatu peristiwa seperti bencana dadakan.

Merangkum dari Arcdaily, ada berbagai solusi untuk bangunan darurat yang bersifat sementara yang dapat disesuaikan berdasarkan jenis bencana untuk mengatasi populasi yang terkena dampak. Seperti gempa bumi, pandemi, dan lain-lainnya. Proyek-proyek berikut menunjukkan bagaimana arsitek telah merekonstruksi tempat penampungan darurat untuk melayani kebutuhan dasar, yang menjadi contoh untuk merawat korban apabila terjadi bencana di masa mendatang.


Arsitektur Pod Perawatan Insentif untuk pandemi covid-19 di Italia

Dok. CRA - Carlo Ratti Associati with Italo Rota

Carlo Ratti Associati dan Italo Rota mengembangkan CURA (Connected Unit for Respiratory Ailments), yaitu serangkaian Pod perawatan insentif untuk pandemi covid-19. Sumber desain terbuka untuk rumah sakit darurat, yang mana unit pertama proyek ini sedang dibangun di Milan, Italia, sebagai salah satu negara dengan kasus covid-19 terbanyak di dunia. Selain mudah dipasang, unit Pod ini juga mudah dipindahkan dan aman.


Arsitektur Tenda Maidan, dibangun untuk pengungsi di Yunani

Dok. Delfino Sisto Legnani and Marco Cappelletti

Tahun 2016, dua arsitek muda memulai proyek arsitektur Tenda Maidan yang dirancang untuk membantu nasib para pengungsi di seluruh dunia yang melarikan diri dari perang, penganiayaan, dan paksaan migrasi. Konsep dari Bonaventura Visconti dan Leo Bettini Oberkalmsteiner ini memungkinkan para pengungsi memanfaatkan ruang publik dalam ruangan dan area umum untuk mengurangi trauma psikologis mereka.


Arsitektur Pop-Up untuk tempat peribadatan usulan siswa di Yale

Dok. Lucas Boyd and Chad Greenlee

Dua siswa Yale School of Architecture membuat proposal desain tempat peribadatan gereja, kanisah, dan masjid untuk para pengungsi. Bangunan Peribadatan Pop-Up yang dirancang ini mudah diangkut dan diharapkan dapat menghadirkan ruang sakral kepada para pengungsi untuk tetap melaksanakan ibadah. Selain itu, dua siswa tersebut, Boyd dan Greenlee menilai ruang untuk beribadah sebagai kebutuhan dalam semua jenis pemukiman manusia.


Arsitektur Pop-Up untuk penduduk di Nepal pasca gempa bumi


Dok. Barberio Colella ARC

Dalam sejarah, Nepal pernah mengalami gempa bumi paling dahsyat yang membuat ratusan ribu penduduknya mendadak tuna wisma. Untuk membangun kembali kehidupan penduduk di Nepal, Barberio Colella ARC berhasil merancang struktur darurat-sementara menggunakan bahan-bahan lokal untuk membuat rumah yang dapat dibangun dengan cepat, ringan, padat, tahan lama, dan ekonomis.


Konstruksi penampungan yang diisi dengan udara (Inflatable)

Dok. Jirka Jansch

Dinamakan SheltAir, sebuah paviliun yang dikembangkan dan dirancang oleh Gregory Quinn sebagai bagian dari tesis doktoralnya di Universitas Seni Berlin. Seperti namanya, SheltAir adalah tempat penampungan yang dibangun dengan bantuan udara: sebuah sistem yang dirancang dengan cermat terdiri dari kulit kotak elastis dan sistem pneumatik.


Arsitektur darurat terapung di Istanbul

Dok. Archdaily

Istanbul merancang dan membangun purwarupa struktur apung untuk pemulihan pasca gempa. Dengan skema ‘fold and float’ yang dibentuk dari struktur baja ringan, serta dapat dilipat untuk situasi darurat. Proyek ini dikebangkan di titik perakitan darurat yang ditunjuk oleh pihak berwenang pada tahun 2001, di mana orang bisa menempati struktur bangunan ini apabila terjadi gempa.

Baca juga: Pentingnya Belajar Golden Ratio bagi para Desainer

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Desain Bangunan Kreatif dalam Menghadapi Krisis

By
BR
.
May 27, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Desain Bangunan Kreatif dalam Menghadapi Krisis

By
BR
.
May 27, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Related articles