X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Bikin Komik Pakai Unreal Engine

By
CB
 •
June 4, 2020

Di dalam dunia kreatif visual, gambar latar belakang merupakan hal yang memegang banyak info yang akan ditangkap bahkan sampai ke alam bawah sadar para penonton atau pembacanya. Hal ini menjadikan gambar latar belakang hal yang esensial di setiap karya visual karena bisa menentukan fokus objek utamanya lebih dinamis dan relevan sesuai kebutuhan. Namun, biasanya latar belakang menghabiskan waktu lebih banyak untuk dibuat ketimbang objek atau subjek utama karena memiliki detail yang lebih banyak, seperti gambar pemukiman, hutan, atau detail interior rumah tradisional.

Inio Asano, mangaka atau kreator komik Jepang telah menggambar latar belakang secara manual dan hanya dengan sudut pandangnya sendiri selama 10 tahun, sebelum akhirnya beralih ke Unreal Engine. Unreal Engine ialah perangkat lunak untuk pembuatan gambar tiga dimensi. Awalnya Inio mengira Unreal Engine hanya dapat digunakan oleh game developer, hingga suatu hari karena ia merasa tekniknya mulai menjenuhkan, ia mencoba untuk menggunakan perangkat lunak tersebut.

Baca juga: Product Placement dalam Komik

Dok. Inio Asano

Tidak disangka, Inio mendapatkan banyak sudut pandang baru di dalam pembuatan gambar latar belakang di komiknya. Ia baru tersadar banyaknya kesamaan dalam membuat latar belakang komik dan game. Kelebihan dalam menggunakan 3D d idalam pembuatan latar belakang gambar adalah tidak seperti teknik manual komik yang hanya bisa dipakai sekali, 3D dapat digunakan secara berulang dan dari berbagai macam sudut pandang.

Selain mendapatkan kemudahan dari Unreal Engine, Inio juga mendapatkan kesenangan baru dalam membuat karyanya. Di dalam situs Unreal Engine terdapat banyak tutorial, pembelajaran online, dan dukungan komunitas untuk yang baru mau belajar ataupun saling berbagi ilmu di komunitas Unreal Engine.

Unreal Engine memuat rangkaian lengkap alat pengembangan untuk siapa saja yang bekerja dengan teknologi real time. Dari visualisasi desain dan pengalaman sinematik hingga game berkualitas tinggi di PC, konsol, seluler, VR, dan AR, Unreal Engine menyediakan perangkat yang dibutuhkan untuk memulai, mengirim, tumbuh, dan menonjol dari kerumunan. Perangkat lunak ini dapat diunduh secara gratis di websitenya.

Ada 10 fitur yang disediakan Unreal Engine yang bisa digunakan untuk membantu para pekerja visual membuat karyanya, yaitu:

  • Integrasi Pipeline
  • Pembangunan Dunia
  • Animasi
  • Rendering, Lighting, dan Material
  • Simulasi dan Efek
  • Gameplay dan Karangan Interaktif
  • Integrasi Dukungan Media
  • Dukungan Platform dan Alat On-Set
  • Konten
  • Alat Developer

Fitur-fitur ini sangat membantu baik secara teknis maupun kooperatif. Banyaknya sistem integrasi mempermudah kerjasama dalam tim karena didukung secara online untuk editing.

Dok. Unreal Engine - Inio Asano

Inio Asano menggunakan Unreal Engine untuk pembuatan komiknya serialnya di majalah manga Big Comic Spirits yang berjudul Dead Dead Demon’s De de de de Destruction. Setelah berbagai eksperimen, usahanya telah menghasilkan teknik yang inovatif untuk membuat gambar latar belakang komik dengan atmosfer sangat menarik. Dengan menggunakan aset yang disediakan oleh Unreal Engine Marketplace, Inio secara tidak langsung mengerjakan keseluruhan gambar latar belakangnya menggunakan program tersebut.

“Walaupun menggambar gedung merupakan hal yang cukup mudah bagi saya, saya kesulitan untuk menggambar tanaman dan margasatwa lebih dari yang lainnya,” ujarnya. “Banyak aset dedaunan yang tersedia dijual sebagai blok pembangunan, membuat konstruksi hutan menjadi lebih mudah hanya dengan beberapa klik saja. Saya sadar dapat membuat set cerita di lingkungan yang saya bangun. Saat saya menggunakan Unreal Engine, saya mengurangi kualitas rendering untuk membuat gambar menjadi lebih mirip dengan gambaran tangan komik.”

Baca juga: Jurnalisme Komik 101

Menggunakan program developing 3 dimensi untuk mendukung pembuatan komik merupakan langkah inovatif Inio Asano untuk menghasilkan karya yang lebih berkualitas secara detail dan menarik, juga untuk mendobrak kejenuhan pemakaian teknik menggambar yang sudah terlalu lama dipakai. Setiap kreator bebas untuk menemukan caranya sendiri untuk berkarya. Apakah kamu sudah menemukan cara untuk meningkatkan proses berkaryamu? Selamat bereksperimen!

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Bikin Komik Pakai Unreal Engine

By
CB
.
June 4, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Bikin Komik Pakai Unreal Engine

By
CB
.
June 4, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya
Tags:

Related articles