X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

5 Aplikasi untuk Membuat Subtitle

By
CB
 •
March 12, 2020

Para penggemar film berbahasa asing pasti sudah familiar dengan kehadiran subtitle atau teks terjemahan di bagian bawah film. Keberadaan subtitle berfungsi untuk menerjemahkan dialog dan untuk mendeskripsikan bunyi di dalam film. Dalam proses pembuatannya, para penerjemah menggunakan beberapa program yang dibuat khusus untuk menata teks sebelum disertakan ke dalam film.

Jika kamu merasa tertarik untuk membuat atau menyunting teks terjemahan untuk film atau proyek videomu, kamu bisa memilih program atau aplikasi komputer yang telah Crafters kumpulkan, beserta detail tentang aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat subtitle.

Berikut 5 pilihan program atau aplikasi komputer untuk membuat subtitle.

Baca Juga: 5 Tools untuk Membuat Video Animasi

5 Aplikasi untuk Membuat Subtitle
(Dok. VisualSubSync)

Visual Sub Sync

Bagi kamu yang baru memulai menyunting teks terjemahan, Visual Sub Sync mungkin cocok untukmu. Selain interface-nya yang mudah untuk digunakan, aplikasi ini mendukung format subtitles dasar seperti srt, ssa, dan ass. Pengguna hanya diperlukan untuk memuat video dalam format mpeg, avi, mkv, dsb, ke dalam aplikasi, lalu akan muncul panel gelombang audio dan panel preview.

Lalu kamu tidak perlu repot menentukan waktu dialog secara manual (memasukkan angka waktu) karena kamu bisa menggunakan panel gelombang audio untuk memasukkan teks. Terlebih lagi, ada fitur pengecekan error yang menyediakan info seperti teks yang menumpuk. Aplikasi ini juga bisa memuat file audio dengan format wav dan memasukkan teks terjemahan ke dalamnya.

5 Aplikasi untuk Membuat Subtitle
(Dok. SubMagic)

SubMagic

SubMagic merupakan salah satu aplikasi gratis untuk membuat subtitles di dalam format ssa, sub, srt, dan txt. Selagi membuat subtitles, pengguna juga bisa menggunakan fitur analisis, sunting, memperbaiki error, sinkronisasi dan pengaturan Frame Rate. Selain itu, SubMagic memiliki interface intuitif yang memungkinkan pengguna untuk mengoreksi teks terjemahan atau penyutingan lainnya seperti mengatur format font, memeriksa ejaan, sinkronisasi, dll. Format video yang dapat dimuat di dalam aplikasi ini hanya AVI. SubMagic juga memiliki fitur andalan seperti subtitles converter yang dapat menggabungkan banyak file subtitles dari format yang berbeda-beda menjadi satu format saja.

5 Aplikasi untuk Membuat Subtitle
(Dok. AHD)

AHD Subtitles Maker Pro

Kamu dapat membuat atau menyunting teks terjemahan dengan aplikasi ini. Dengan format subtitles yang cukup luas dari xml, txt, ass, asm, aqt, sub, srt, sst, ssts, son, dll, format video yang dapat dimuat juga cukup banyak.

Sama seperti dasar aplikasi subtitles dalam film, pengguna dapat memasukkan kalimat di waktu yang sama dengan audio yang terdengar dan selagi itu, aplikasi ini juga memberikan fitur seperti pengaturan format font, mengganti deretan dialog, menggeser waktu, menyatukan teks terjemahan dan pengecekan ejaan. Terlebih lagi, pengguna dapat menggandakan kalimat subtitles, menerjemahkannya, dan juga mensinkronisasi frame rate subtitles dan videonya.

5 Aplikasi untuk Membuat Subtitle
(Dok. Aegis)

Aegisub

Aplikasi ini mendukung format output ssa, sub, srt, txt, ttxt, smi, sami, rt, dll. Selain mendukung banyak format di subtitles, aplikasi ini juga saat memuat video dan audio untuk menjadi bahan pembuatan subtitles. Aegisub menyajikan fitur wajib pembuatan subtitles dan fitur yang lebih canggih seperti sinkronisasi teks dan video, pengaturan format font, pengecekan ejaan, penerjemahan, serta fitur cari dan ganti. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyeret kalimat teks ke arah manapun di video, juga memutar, mengatur ukuran kalimat teks di video tersebut.

Baca Juga: 5 Masalah yang Sering Dialami Videografer dan Solusinya!

5 Aplikasi untuk Membuat Subtitle
(Dok. Subtitle Workshop)

Subtitle Workshop

Subtitle Workshop sudah menjadi salah satu aplikasi populer dan banyak digunakan di kalangan penerjemah. Aplikasi ini memiliki interface yang bersahabat dan mudah digunakan, juga membuat banyak format teks terjemahan seperti srt, sub, ass, sbv, ssts, son, sub, rtf, sbt, smi, xas, dll. Selain format gambar biasa, di aplikasi ini juga dapat membuat subtitles untuk format Adobe DVD, DVD, NTSC, dan DVD Pal/SECAM. Pengguna dapat memuat video dengan format mp4, 3gp, wma, avi, flv, divx, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Subtitle Workshop menyediakan fitur koreksi teks, sinkronisasi, pengecekan ejaan, pengaturan format font, dan jukstaposisi. Pengguna juga dapat mengekspor file teks di format encoding yang berbeda, termasuk UTF-8. Lalu pembuatan subtitles pun dapat dilakukan secara berganda dan langsung. Hal terbaik dari aplikasi ini adalah fitur converter untuk menggabungkan atau memisahkan data teks terjemahan dan juga mengubah format banyak data sekaligus (bulk).

5 Aplikasi untuk Membuat Subtitle
(Dok. Unsplash)

Kelima aplikasi yang telah disebutkan di atas terdiri dari yang sederhana hingga yang memiliki fitur mutakhir. Jika kamu pemula, kamu bisa memilih yang paling nyaman untuk kamu gunakan. Membuat subtitles akan lebih menyenangkan apabila kamu dapat menemukan aplikasi atau software yang cocok denganmu. Yang paling penting, semua yang disebutkan merupakan aplikasi yang dapat diunduh dengan gratis. Selamat memulai bermain dengan teks!

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

5 Aplikasi untuk Membuat Subtitle

By
CB
.
March 12, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

5 Aplikasi untuk Membuat Subtitle

By
CB
.
March 12, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya
Tags:

Related articles