X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Tingkatkan Kualitas Tulisanmu dengan 5 Aplikasi Ini

By
MLR
 •
March 12, 2020

Menulis adalah laku kemanusiaan yang menuntut proses. Mengutip pernyataan Yusi Avianto Pareanom, para penulis butuh sebuah “kekeraskepalaan” yang mampu membuat diri mereka terus berkarya. Entah kamu menulis untuk unggahan blog, artikel berita, ad copy, surel, tidak terkecuali caption di social media, menulis harus dari hati. Kini, berkat kemajuan teknologi, berbahagialah karena ada banyak perangkat yang dapat membantumu menulis dengan lebih baik.

Untuk itu, Crafters merangkum lima aplikasi penulisan terbaik untuk membantumu menulis berbagai jenis dan bentuk karya tulis. Kelima aplikasi ini enggak cuma membantumu mengeja atau menghitung jumlah kata, tapi juga mendukungmu membuat kerangka serta menentukan topik tulisan.

Baca Juga: 5 Langkah Menulis Novel Serial

Tingkatkan Kualitas Tulisanmu dengan 5 Aplikasi Ini
(Dok. Calmly)

Calmly

Perangkat penulisan sederhana bebas distraksi dengan interface yang bersahabat. Berbeda dengan interface pemroses kata lainnya, Calmly menyediakan banyak keyboard shortcuts, perangkat formatting, dan “mode fokus” yang memudahkanmu mencatat hal-hal penting serta menyunting tulisanmu. Ingin mencoba aplikasi serupa dengan Calmly? Kamu bisa cek Typora atau Focused.

Tingkatkan Kualitas Tulisanmu dengan 5 Aplikasi Ini
(Dok. Draft)

Draft

Butuh platform penulisan untuk berkolaborasi? Jika Google Docs atau Microsoft Word membingungkanmu dengan rangkaian fitur mereka, Draft bisa jadi alternatif yang tepat. Draft memudahkanmu beserta rekanmu; entah itu co-writer, editor, atau orang yang ingin mengecek tulisan dan memberi masukan, saat merampungkan sebuah tulisan secara bersamaan.

Draft punya dua fitur keren seperti “Mode Hemingway” yang berguna untuk merampungkan semua draft tulisan plus menonaktifkan kemampuan menghapus tulisanmu. Fitur kedua adalah “Ask a Professional“, di mana kamu dapat meminta bantuan penyuntingan kepada staff atau reviewer.

Tingkatkan Kualitas Tulisanmu dengan 5 Aplikasi Ini
(Dok. Writing Challenge)

Writing Challenge

Penulis akrab dengan permasalahan writer’s block. Kondisi di mana otak seorang penulis tak mampu menjabarkan ide, atau malah kehilangan kemampuan mencari ide menulis untuk sementara. Demi mengatasinya, kamu bisa mengandalkan Writing Challenge, sebuah aplikasi menulis yang menyediakan ribuan pembuka cerita berbeda. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur timer yang dapat digunakan untuk menantang diri kamu menulis dalam tenggat waktu tertentu.

Tingkatkan Kualitas Tulisanmu dengan 5 Aplikasi Ini
(Dok. Grammarly)

Grammarly

Yakin dengan kemampuanmu menjalin cerita yang memukau dalam bahasa Inggris, tapi bingung menentukan kata sifat maupun idiom yang tepat? Kamu bisa mengandalkan Grammarly. Aplikasi penulisan gratis ini akan memindai artikel kamu secara menyeluruh dan memastikan kamu tidak melakukan kesalahan tata bahasa (grammar).

Selain membantu mengoreksi kesalahan penulisan, Grammarly juga menjelaskan secara tuntas mengapa hal itu salah. Jadi, Grammarly juga bisa menjadi perangakat terbaik untuk mempelajari ulang tata bahasa supaya kamu tidak melakukan kesalahan yang sama.

Tingkatkan Kualitas Tulisanmu dengan 5 Aplikasi Ini
(Dok. Scrivener)

Scrivener

Terakhir, ada Scrivener, aplikasi yang berperan sebagai binder pengumpul catatan secara digital. Baik itu gagasan, hasil penelitian, bahkan catatan pentingmu dapat langsung diakses dan diorganisir secara mudah. Text editor versi Scrivener sendiri merupakan pilihan favorit para penulis karena dilengkapi dengan fitur penyunting tulisan yang mudah digunakan, berikut anotasi, style, serta pengaturan catatan kaki.

Kamu juga bisa menentukan target tulisanmu sendiri dan melacak proses menulismu. Setelah kamu merampungkan tulisan dan ingin membagikan proyek tulisanmu, kamu bisa mencetak artikel menggunakan format yang telah disesuaikan secara otomatis dengan panduan pengiriman. Terlebih, kamu juga bisa mengekspor tulisan ke berbagai format, seperti PDF misalnya.

Baca Juga: Tips Menulis Naskah untuk Web Series

Entah menulis cerita, artikel, iklan, kelima aplikasi di atas dapat membantumu menghemat waktu dan meningkatkan kualitas tulisanmu dengan cepat. Dari kelima aplikasi di atas, mana yang akan kamu coba untuk proyek tulisanmu berikutnya? Selamat menulis!

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Tingkatkan Kualitas Tulisanmu dengan 5 Aplikasi Ini

By
MLR
.
March 12, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Tingkatkan Kualitas Tulisanmu dengan 5 Aplikasi Ini

By
MLR
.
March 12, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Related articles