X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Aplikasi Alternatif Selain Adobe Photoshop

By
CB
 •
March 12, 2020

Aplikasi foto era sekarang semakin beragam. Perkembangan scene fotografi dan gambar digital berbanding lurus dengan melesatnya pertumbuhan teknologi. Sudah tidak terbayang seberapa besar jumlah database gambar dan foto yang tersedia di internet. Bersamaan dengannya, semakin variatif pula aplikasi penyunting gambar yang beredar.

Salah satu aplikasi penyunting foto dan gambar yang paling terkenal adalah Adobe Photoshop. Aplikasi berbayar dengan metode subscription ini populer dipakai untuk semua kalangan. Lantas bagaimana dengan kreator yang ingin menyunting gambar atau foto tanpa harus mengeluarkan uang untuk berlangganan aplikasi?

Crafters merangkum beberapa alternatif aplikasi dari penyunting unik yang sangat mudah digunakan, hingga yang mirip dengan Adobe Photoshop. Banyak dari aplikasi ini menyediakan fitur-fitur menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut.

Aplikasi Alternatif Selain Adobe Photoshop
(Dok. Nvidia GauGAN)

Nvidia GauGAN

Merupakan salah satu terobosan Nvidia untuk kebutuhan penyuntingan gambar dan fotografi. Aplikasi ini menggunakan AI (Artificial Intelligence) yang telah “mempelajari” lautan gambar di internet, sehingga pengguna dapat membuat pemandangan lanskap, misalnya, dengan tools yang sangat mudah digunakan seperti paintbrush atau bucket tools.

GauGAN mengasosiasikan elemen warna dengan elemen natural (alam) seperti sungai, batu, awan, gunung, dan lain sebagainya. Cukup corat-coret sederhana, selanjutnya biar AI GauGAN yang mengubahnya menjadi gambar realistik.

Salah-salah, kamu bisa mengira hasil akhir GauGAN sebagai karya fotografer lanskap profesional. Saat ini GauGAN masih dalam tahap riset dan pembaruan secara berkala karena kekuatannya masih terbatas pada gambar lanskap natural saja.

Aplikasi Alternatif Selain Adobe Photoshop
(Dok. Image Inpainting)

Image Inpainting

Masih mainan AI buatan Nvidia, kali ini mereka menciptakan penyunting gambar yang fokus dalam rekonstruksi gambar, seperti menghilangkan atau membaur objek dalam gambar yang tidak cocok dengan keseluruhan gambar, atau untuk menambah fokus sebuah objek dengan menghilangkan objek sekitarnya.

Nama aplikasi ini diambil dari istilah rekonstruksi gambar berdasarkan prinsip mengisi gambar berlubang melalui kemampuan AI. “Image Inpainting” atau bisa disebut melukis dalam gambar, merupakan proses AI dalam mengekstrak gambar yang telah dipelajari untuk mengisi lubang area yang ditentukan pengguna.

Inpainting membuat pengguna bisa dengan mudah menghilangkan objek yang tidak diinginkan dalam sebuah gambar.

Aplikasi Alternatif Selain Adobe Photoshop
(Dok. Krita)

Krita

Media TechRadar menobatkan Krita sebagai aplikasi menggambar terbaik yang dapat diakses secara cuma-cuma pada tahun 2019. Awalnya Krita berfungsi seperti penyunting gambar kebanyakan. Namun per 2009, Krita mulai fokus pada kreasi lukisan digital. Krita sendiri mengklaim bahwa aplikasinya akan selalu dapat diakses secara gratis.

Selain itu, karena Krita memuat segudang tools dan fitur menarik yang sangat membantu proses menggambar atau membuat ilustrasi digital, aplikasi ini cenderung lebih cocok digunakan oleh para ilustrator maupun animator ketimbang desainer. Meski bukan berarti tidak sepenuhnya percuma jika digunakan oleh desainer.

Aplikasi Alternatif Selain Adobe Photoshop
(Dok. SumoPaint)

SumoPaint

Tidak jauh berbeda dengan Krita, SumoPaint juga fokus pada karya ilustrasi digital. Keunikan aplikasi ini ada pada sistemnya yang berbasis cloud dan web, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh apapun dan menyediakan storage dalam kapasitas tertentu di dalam komputernya untuk mulai berkarya lewat aplikasi ini.

Karena berbasis cloud, pengembang juga menyediakan ruang publik di dalam situs ini agar para pengguna bisa memajang karya mereka dan berinteraksi dengan sesama pengguna lain. SumoPaint bisa dikategorikan sebagai komunitas lukisan digital atau platform untuk para pelukis digital berbagi karya, pendapat, dan ilmu.

Aplikasi Alternatif Selain Adobe Photoshop
(Dok. Pixlr)

Pixlr X

Aplikasi ini sangat berguna untuk mengubah, mengatur, serta memberi efek pada foto. Selain menghadirkan variasi tools dari coretan hingga efek visual dan pengaturan gambar (kontras, terang/gelap), Pixlr mengedepankan kemudahan bagi para pengguna untuk mengoperasikan beragam fitur di aplikasi ini.

Foto kamu bisa lebih tajam, lebih berwarna, lebih “mantap” hanya dengan beberapa klik saja. Hal ini memungkinkan lantaran Pixlr menyediakan varian preset untuk menyesuaikan gambar dengan keinginan pengguna.

Selain Pixlr X, bagi pengguna yang menginginkan interface lebih detail seperti Photoshop, Pixlr menyediakan Pixlr Editor dan Pixlr Pro untuk proses penyuntingan yang lebih maksimal.

Aplikasi Alternatif Selain Adobe Photoshop
(Dok. PhotoScape)

PhotoScape X

Seperti Pixlr X, PhotoScape juga memiliki interface yang user friendly atau mudah digunakan, dan dapat diunduh secara gratis di situsnya. PhotoScape sangat cocok bagi editor foto pemula. Misalnya, bagi pengguna yang hanya ingin mempercantik foto-foto liburan atau dokumentasi acara pribadi.

Aplikasi ini dirancang se-fun mungkin agar pengguna dapat menikmati proses penyuntingan gambar.

Beberapa fitur yang ditawarkan PhotoScape mulai dari menyunting foto secara satuan maupun langsung sekaligus banyak (bulk). Kemudahan ini menjadi salah satu fitur andalan PhotoScape karena mampu memangkas durasi proses penyuntingan secara signifikan.

Selain itu, banyak fitur menyenangkan lainnya seperti fitur pencarian wajah di internet, termasuk membuat GIF atau gambar animasi dari kumpulan foto.

Aplikasi Alternatif Selain Adobe Photoshop
(Dok. BeFunky)

BeFunky

BeFunky merupakan aplikasi penyunting foto dan desain grafis berbasis situs yang juga mudah digunakan, bahkan kamu tidak perlu mengunduh apa pun. Di awal laman situsnya, BeFunky langsung menawarkan 3 fitur populer bagi para pengguna, yakni penyuntingan gambar satuan, penyatuan gambar atau kolase, serta desain grafis.

BeFunky memungkinkan pengguna untuk melakukan penyuntingan secara detail dengan interface yang relatif sama mudahnya dengan aplikasi-aplikasi lain di atas.

Selain itu, BeFunky turut menyediakan gambar dan foto dengan lisensi gratis yang dapat dimanfaatkan pengguna sebagai hiasan maupun suplemen karya mereka.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik versi Commaditya!

Aplikasi Alternatif Selain Adobe Photoshop
(Dok. giphy)

Begitu banyak aplikasi penyuntingan gambar gratis yang tersedia di internet. Aplikasi-aplikasi penyuntingan ini turut mendorong pengguna untuk lebih intensif mengeksplorasi kreativitasnya dalam seni penyuntingan.

Dengan menjamurnya jumlah aplikasi penyuntingan di pasaran, apakah berarti Adobe PhotoShop akan kehilangan pengguna setianya? Bagaimana dengan kamu? Apa kamu mulai tertarik untuk mengeksplorasi kreativitasmu di bidang ini? Selamat mencoba!

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Aplikasi Alternatif Selain Adobe Photoshop

By
CB
.
March 12, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Aplikasi Alternatif Selain Adobe Photoshop

By
CB
.
March 12, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Related articles