X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

Apa Itu Bechdel Test?

By
MLR
 •
August 25, 2020

Bicara topik penggambaran citra wanita dalam film-film Hollywood, terdapat sebuah masalah yang masih belum rampung dibahas. Dalam industri yang secara historis didominasi oleh pria, entah itu di depan maupun belakang kamera, kita jarang menemukan cerita mengenai wanita yang memiliki kepribadian kuat, kompleks, dan rumit. Walaupun film yang benar-benar mengangkat potret wanita itu ada di pasaran, film-film tersebut jumlahnya masih timpang dengan ribuan film lain yang terus menonjolkan tokoh pria di dalamnya.

Salah satu parameter untuk mengukur mana film yang setidaknya selangkah lebih baik dalam menonjolkan sosok wanita adalah Bechdel Test. Pertama kali dikembangkan oleh seorang seniman grafis Alison Bechdel di tahun 1985 dalam sebuah comic strip berjudul Dykes to Watch Out For, Bechdel Test terdiri dari tiga pertanyaan pemandu analisa film:

  • Apakah film tersebut setidaknya memiliki dua karakter perempuan dengan nama?
  • Apakah kedua karakter tersebut saling berbicara?
  • Apakah kedua karakter perempuan tersebut membicarakan topik lain selain pria?

Jika sebuah film memiliki tiga jawaban ya dari pertanyaan-pertanyaan di atas, maka film tersebut lolos uji Bechdel Test.

Baca juga: Bikin Film dengan Teknik One Shot

Dok: From Dykes to Watch Out

Test tersebut kedengarannya cukup sederhana, bukan? Rasanya mustahil kalau semua film nggak berhasil lolos test tersebut, tapi kenyataannya banyak film yang gagal uji Bechdel Test. Ambil contoh, rangkaian film Star Wars original (Star Wars IV, V, VI). Ketiga film sci-fi klasik tersebut hanya memiliki tiga karakter perempuan dan semuanya tidak pernah saling bertukar sapa sepanjang film berjalan. Begitupun dengan Lord of The Rings yang memiliki tiga karakter perempuan seperti Arwen, Eowyn, dan Galadriel. Ketiganya juga tidak pernah saling berbicara satu dengan yang lainnya.

Tentu saja Bechdel Test bukan satu-satunya alat ukur yang menjamin adanya penggambaran citra wanita yang lebih realistis dalam film barat. Bechdel Test tersebut juga punya banyak ruang untuk perkembangan lebih luas. Ketiga pertanyaan yang dirangkum Bechdel Test bukan satu-satunya syarat sebuah film dinyatakan telah berhasil menampilkan karakter wanita yang berdimensi. Namun kenyataan jika banyak film enggak lolos uji Bechkdel Test jadi pengingat kalau Hollywood masih punya banyak PR yang harus diselesaikan.

Walau jumlahnya tak sebanding dengan yang tak lolos Bechdel Test, ada kok film-film Hollywood ikonik yang berhasil lulus uji Bechdel Test. Berikut contoh film-film menarik yang berhasil lolos Bechdel Test:

The Devil Wars Prada

Percakaapan yang terjadi antara Andy, Emily, dan Miranda dalam film The Devil Wears Prada hampir enggak pernah membahas masalah pria. Alih-alih demikian, mereka membahas masalah jaket coat, seri film Harry Potter, scarf, rok pendek, anjing, “The Book, Paris, dan sejuta topik lainnya yang biasa dibahas para pekerja yang bekerja di kantor majalah fashion seperti Runway. Salah satu alasan mengapa The Devil Wears Prada berhasil lolos Bechdel Test dan menjadi film ikonik hingga saat ini adalah film tersebut menawarkan para penontonnya karakter-karakter yang tidak selamanya memiliki sifat yang disukai. Baik itu Andy, Emily, dan Miranda memiliki beragam masalah mereka masing-masing. Ketiganya memiliki satu arc cerita yang memanusiakan karakter tersebut hingga pada satu titik para penonton memahami kenapa mereka memutuskan untuk bertindak seperti yang ditunjukkan di film tersebut. Dalam The Devil Wears Prada, perempuan bernapas, memiliki identitas diri, memiliki suara, dan bukan hanya berperan sebagai pemanis cerita.

Mean Girls

Biarpun dalam waktu tayangnya Mean Girls banyak membicarakan Aaron Saamuels yang memiliki rambut gorjes, film ini berhasil lulus Bechdel Test. Dalam film Mean Girls, grup Plastics membicarakan banyak hal selain pria seperti misalnya adegan ketika Janis dan Cady membahas topik untuk mengerjai Regina George. Selain menawarkan adegan-adegan lucu dan dihias dengan dialog yang relevan, Mean Girls juga mengingatkan para penontonnya kembali jika perempuan punya sifat buruk. Di dunia di mana tokoh anti-hero yang memiliki kekurangan cenderung diwakilkan oleh seorang lelaki, karakter-karakter seperti Regina George dan Cady Heron adalah tipe karakter yang menyegarkan.

Mad Max: Fury Road

Mad Max: Fury Road merupakan sebuah film aksi yang berhasil lolos Bechdel Test. Di sebuah zaman di mana air menjadi komoditi paling berharga Imperator Furiosa yang diperankan secara apik oleh Charlize Theron menjadi sosok pahlawaan, memimpin sekelompok istri yang awalnya diperbudak melintasi gurun menuju tempat aman. Dalam masa pelarian itu, para wanita dalam film ini enggak punya waktu untuk mendiskusikan pria dalam hidup mereka. Satu-satunya yang ada dalam pikiran mereka adalah bertahan. Jika biasanya film aksi cenderung gagal melewati Bechdel Test, Mad Max: Fury Road adalah contoh film aksi yang cukup baik menggambarkan citra wanita yang lebih realistis ketimbang hanya sebagai elemen narasi pendukung sosok pria.

All About Eve

Film-film klasik banyak yang tidak lolos Bechdel Test, tapi All About Eve menjadi salah satu contoh film klasik yang berhasil melewati test tersebut. Film All About Eve menceritakan seorang aktris muda (AAnne Baxter) yang mencoba melepaskan diri dari pengaruh role model-nya (Bette Davis yang ikonik). Film ini membahas tema persaingan kekuasaan yang kerap terjadi di setiap masa dan menghadirkan ketajaman yang unik berkat fokusnya pada wanita. Karakter pria juga ditampilkan dalam film ini, tapi karakter wanita jarang membicarakan mereka.

The Farewell

The Farewell juga merupakan film yang berhasil melewati Bechdel Test. Film ini menceritakan bagaimana seseorang mengucapkan selamat tinggal pada orang yang ia cintai, terutama ketika ia belum siap untuk melakukannya. Topik yang hadir dalam film ini cukup berat, tapi dikemas serta diperankan dengan apik oleh aktor-aktor berbakat. Kebanyakan aktornya adalah wanita. Meskipun ada beberapa adegan yang menghadirkan percakapan tentang pria atau hubungan mereka dengan seorang tokoh pria dalam film ini, karakter wanita yang hadir kebanyakan berbicara mengenai perjuangan keluarga mereka, masalaah yang mereka hadapi satu sama lain, dan perbedaan filosofi mengenai hidup dan mati.

Tentunya masih banyak lagi film yang berhasil melewati Bechdel Test. Namun jumlah tersebut belumlah cukup mengimbangi film-film lain yang masih menggambarkan citra perempuan hanya sebagai pemanis narasi semata. Industri perfilman secara keseluruhan masih punya banyak PR menghadirkan kisah menarik yang fokus terhadap wanita.

Baca juga: Bagaimana Technicolor Membentuk Industri Film

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

Apa Itu Bechdel Test?

By
MLR
.
August 25, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

Apa Itu Bechdel Test?

By
MLR
.
August 25, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya
Tags:

Related articles