X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

7 Judul Cerita Pendek & Novel Menarik yang Wajib Kamu Baca

By
MLR
 •
September 4, 2020

Mengingat hampir setengah populasi dunia tengah melakukan karantina mandiri akibat pandemi virus corona, kebanyakan dari kita punya lebih banyak waktu untuk melakukan banyak hal. Saking banyaknya, terkadang kita kebingungan mau melakukan apa lagi untuk menghibur diri. Bagaimana kalau waktu ini kamu isi dengan membaca bacaan menarik dan menghibur?

Untuk menemani kamu yang masih dalam masa karantina mandiri dan yang sudah kembali bekerja seperti biasa di kantor, Crafters punya beberapa rekomendasi cerita pendek dan buku novel yang bisa kamu jadikan referensi bacaan pengisi waktu luang.

Baca juga: Sitta Karina dalam Penulisan Fiksi

The Thing About Cassandra, Neil Gaiman

Neil Gaiman dikenal sebagai penulis novel, buku komik, komik grafis, nonfoksi, teater audio dan film laris. Karya-karya terkenalnya mencakup buku The Sandman, Stardust, American Gods, Coraline, dan The Graveyard Book. Selain judul-judul buku sukses yang telah disebutkan sebelumnya, Neil Gaiman juga aktif menulis cerita pendek. Salah satu cerita pendek menarik wajib kamu baca adalah The Thing About Cassandra yang dikemas dalam buku kumcer Trigger Warning.

The Thing About Cassandra bercerita mengenai Stuart Innes yang bosan ditanyai mengenai pacar oleh teman dan kerabatnya. Jadi, narrator kita ini kemudian mengarang cerita mengenai sosok Cassandra yang disebut-sebut sebagai cinta pertamanya. Stuart Innes kemudian dikejutkan ketika salah seorang teman sekolahnya bercerita kalau Cassandra telah beberapa kali menghubunginya.

Beyond the Aquila Rift, Alastair Reynolds

Bagi kamu penggemar cerita sci-fi, cerita pendek berjudul Beyond the Aquila Rift karya Alastair Reynolds bisa menjadi salah satu referensi bacaan menarik. Merupakan salah satu judul cerita pendek yang dikumpulkan dalam buku kumpulan cerita dengan judul yang sama pada tahun 2016 serta telah diadaptasi ke seri animasi pendek Love , Death & Robots di Netflix, Beyond the Aquilla Rift menceritakan perjalanan sekelompok kru pesawat antariksa bernama Blue Goose kembali pulang ke bumi setelah menjalankan misi mereka.

Seperti semua cerita mengenai perjalanan jarak jauh dalam cerita sci-fi, kamu akan menemukan deskripsi kru Blue Goose tidur dalam cryo-sleep dan menariknya jalinan galaksi di luar galaksi bima sakti. Ketika kru Blue Goose terbangun dari tidur, mereka akhirnya menyadari bahwa mereka kemungkinan besar tersesat, jauh dari tujuan mereka.

A Dead Woman’s Secret, Guy de Maupassant

Merupakan buah karya seorang penulis Perancis ternama yang dianggap sebagai salah satu bapak cerita pendek modern, A Dead Woman’s Secret menceritakan kisah seorang wanita yang baru saja meninggal dan bagaimana anak-anaknya menemukan “rahasia-rahasia” mengenai ibu mereka. Wanita tersebut baru saja meninggal dan terbujur kaku di ranjang dalam keadaan tenang seolah ia sudah mempersiapkan diri saat maut menjemput.

Di sisi pembaringannya, anak lelaki dan perempuan wanita tersebut memutuskan untuk membaca surat-surat yang ibu mereka tulis semasa hidup. Cerita pendek Guy de Maupassant yang satu ini akan membawamu mempertanyakan kembali mengenai orang-orang yang dekat denganmu lewat pertanyaan sederhana; rahasia seperti apa yang mereka kubur dalam-dalam hingga ke liang lahat?

“He-y, Come on Ou-t!”, Shinichi Hoshi

Cerita pendek karya Shinichi Hoshi ini muncul sebagai salah satu judul di buku kumpulan cerpen The Best Japaanese Science Fiction Stories yang disunting oleh John L. Apostolou dan Martin H Greenberg pada tahun 1989. Cerita He-y, Come on Ou-t!” dimulai ketika sebuah lubang misterius ditemukan sehabis longsor angin taifun. Penduduk desa yang tinggal tak jauh dari lokasi ditemukannya lubang tersebut berniat untuk memperbaiki kuil mereka. Tapi sebelumnya, mereka harus menutup lubang dalam tersebut.

Cerita kemudian berpusat dari bagaimana para penduduk, peneliti, pengusaha, hingga pemerintah berusaha menutup lubang tersebut. Mereka akhirnya menyerah karena lubang tersebut sangat dalam dan mengalihfungsikan kegunaannya sebagai tempat pembuangan masal. Cerita pendek ini menghadirkan kritik sosial dengan pesan ekologi yang kuat dan pastinya akan membuat para pembaca kaget lewat akhir cerita yang mengejutkan.

Baca juga: Fiksi atau Asli?

The Pisces, Melissaa Broder

Novel perdana karya Melissa Broder ini patut kamu perhitungkan menjadi referensi bacaan menghibur pengisi waktu luang. Novel The Pisces bercerita mengenai seorang wanita bernama Lucy yang tengah dalam proses penulisan disertasi atas Sappho selama 13 tahun dan harus mengalami putus cinta dengan pacarnya. Akibat mandek dalam proses penyusunan disertasi dan patah hati, Lucy menumpang tinggal di rumah saudarinya di Los Angeles, tempat ia bertemu dengan banyak sosok wanita yang bergumul dengan masalah percintaan dan seorang putra duyung ganteng.

Walau premis novel The Pisces terbilang absurd dan terkesan seperti cerita chicklit klise, karya Melissa Broder ini punya momen-momen menarik yang tak terlupakan bagi para pembacanya. Dikemas dengan nuansa bercerita melankolis dan premis absurd, novel ini menghadirkan satu pertanyaan menarik: apa yang terjadi ketika kamu berpikir cinta bisa menyelamatkan kamu tapi kamu takut perasaan tersebut juga bisa membunuhmu?

Pedro Páramo, Juan Rulfo

Ditulis oleh Juan Rulfo, buku novel Pedro Paramo menceritakan seorang pria bernama Juan Preciado yang melakukan perjalanan menuju Comala, kampung halaman ibunya yang sudah meninggal untuk menemui ayahnya. Sesampainya di tempat itu, Juan Predacio menemukan jika kota tersebut berubah, secara literal, sebagai kota hantu yang dihuni oleh sosok-sosok tak kasat mata.

Awalnya, novel ini tidak terlalu laku dengan jumlah penjualan hanya mencapai dua ribu eksemplar selama empat tahun pertama terbit. Kritikus buku juga tidak terlalu menyambut karya ini dengan sambutan hangat. Walau demikian, buku ini menjadi sukses setelah beberapa tahun kemudian. Pedro Páramo sangat berpengaruh terhadap penulisan para penulis Amerika Latin seperti Gabriel Garcia Márquez, seorang novelis pemenang Nobel Sastra tahun 1982.

The Road, Cormac McCarthy

The Road adalah novel pasca-apokaliptik yang ditulis oleh Cormac McCarthy, seorang penulis asal Amerika pada tahun 2006. Novel ini bercerita mengenai perjalanan seorang ayah dan putranya yang masih kecil selama beberapa bulan, melintasi lanskap yang hancur akibat bencana alam misterius yang telah menghancurkan sebagian besar peradaban dan hampir semua kehidupan di Bumi.

Itulah tujuh referensi bacaan yang bisa kamu pilih sebagai pengisi waktu luang. Mana dari ketujuh bacaan di atas yang menarik minatmu?

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

7 Judul Cerita Pendek & Novel Menarik yang Wajib Kamu Baca

By
MLR
.
September 4, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

7 Judul Cerita Pendek & Novel Menarik yang Wajib Kamu Baca

By
MLR
.
September 4, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya

Related articles