X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

7 Ide Latihan Kreatif untuk Mengasah Kemampuan Fotografimu!

By
BR
 •
March 16, 2020

Seperti pasang surut air laut, kreativitas fotografi kadang mengalir begitu saja. Kadang kondisi itu juga mengalami masa surut. Tentu saja faktor terjadinya kondisi seperti ini ada banyak.  Salah satu yang biasa menghambat kreativitas adalah terjebak pada menu kamera sehingga karya foto yang dihasilkan terkesan biasa.

Selain itu, faktor lainnya adalah idealisme. Apabila fotografi hanyalah sebuah hobi untuk bersenang-senang, maka sah-sah saja. Tetapi kalau fotografi sudah beralih menjadi profesi, seperti yang diungkapkan Anton Ismael, maka idealisme harus bisa berkompromi demi karya foto yang mungkin lebih bersifat komersial. Maka dari itu, mengembangkan kreativitas perlu dilakukan untuk menembus batas-batas kemampuan diri demi menghasilkan karya foto yang lebih menarik dan menjual.

Baca Juga: Tips dan Trik Selfie untuk Travel Blogger Pemula

Ada banyak ide untuk membuat diri kita terdorong untuk menambah dan memperluas batas-batas pengetahuan kita soal fotografi. Kamu dapat mengakses informasinya melalui beberapa situs web, blog atau buku-buku terbitan yang membahas teknik fotografi. Namun perlu diperhatikan bahwa semua itu bersifat teoritis saja sehingga latihan sebagai praktiknya wajib dilakukan. Artinya tanpa praktik, teori tidak akan dapat dimaksimalkan.

Jika kamu seorang pemula, latihan yang melibatkan kamera langsung akan lebih efektif untuk melatih dan mengasah skill fotografi. Selain itu, ada unsur lain yang mungkin bisa dimasukkan untuk lebih bersemangat lagi dalam latihan mengasah skill fotografi yaitu latihan yang bentuknya sedikit menyerupai modul belajar sederhana. Tenang saja, dalam hal ini latihan yang sudah dipersiapkan tak akan membebankan, kok. Seperti tugas, tapi tetap dibuat menyenangkan.

Berikut adalah beberapa versi latihan kreatif yang telah diterapkan dari generasi ke generasi lain dalam dunia fotografi untuk mengasah skill fotografi kamu.

Latihan 1: 24 Jepretan

Pilihlah sebuah lokasi. Lalu, berdiri di satu tempat atau titik dan ambil 24 foto unik dari tempat kamu berdiri. Ingat, kakimu tidak boleh berpindah.

(Dok. BR)

Pertama melakukan ini, saya berdiri di satu titik di atas bebatuan di pesisir pantai. Setelah mengambil beberapa foto dari titik yang berbeda, mata saya tertuju pada sebuah bendera merah yang ditancapkan di atas bebatuan dan membuat saya bertanya-tanya: untuk apa bendera itu ditancapkan di sana, apakah ada maksud tertentu atau hanya ditancapkan di sana?

Ini membuat mendorong kita untuk menjadi kreatif dan lebih peka dengan lingkungan di sekitar.

Latihan 2: Ten of One

Ambillah sepuluh foto unik atau abstrak dari sebuah subjek yang kecil, seperti pantulan cahaya di atas air yang beriak. Atau seperti foto di bawah ini:

(Dok. bhphotostudio)

Semakin kecil subjek fotonya, akan semakin menantang pula foto unik yang akan kamu hasilkan.

Latihan 3: Four Corners

Kamu bisa memilih sebuah subjek/objek di suatu tempat. Ambillah foto sisi subjek/objek tersebut dari satu sudut. Kemudian lakukan hal yang sama pada sudut yang lain. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa melihat 4 foto yang dihasilkan dengan perspektif yang beda.

(Dok. ThomasWilliams)
Latihan 4: Change Up

Ini saatnya kamu bereksperimen dan mengasah ketertarikan fotografimu di bidang lain.

Misal, apabila kamu seorang fotografer potret studio, maka cobalah jenis street photography dalam waktu satu hari dalam seminggu. Apabila kamu seorang fotografer bangunan/arsitektur, maka cobalah sport photography! Keluar dari zona nyamanmu bukan hanya akan mempertajam sense dan pengetahuanmu akan hal yang lain, tapi juga menjadi angin segar bagi kegiatan memotret pilihanmu yang menjelma rutinitas. Bisa saja, hal ini membuka kesempatanmu memperluas karier fotografimu!

Latihan 5: The Un-Selfie Selfie

Nah, inti dari latihan ini adalah bahwa kamu harus berada dalam setiap frame.

Ini bukan semacam latihan “selfie”. Namun pergilah ke suatu tempat dan bawalah tripod atau alat pendukung lainnya. Buat bingkai dan mulai self-timer. Kemudian, tempatkan diri kamu di dalam frame dengan cara unik dan menarik seperti beberapa referensi un-selfie selfie yang bisa kamu coba berikut.

(Dok. SocialJunkee)
Latihan 6: Mixing Bowl

Masukkan banyak potongan kertas ke dalam sebuah mangkuk. Setiap bagian kertas harus memiliki satu atau beberapa kata (frasa). Ambil selembar kertas dari mangkuk, siapkan gear fotomu, kemudian beranjaklah untuk mulai mengambil foto sesuai dengan interpretasimu akan kata-kata dalam kertas yang kamu ambil.

Contoh kata yang dapat kamu tulis dalam kertas:

Blue, circle, reflections, soft focus, action, happy, blur, negative space, signs, shadow, weather.

Baca Juga: Andy Fanfani: Ekspresikan Emosi Lewat Foto Hitam Putih

Latihan 7: Mencoba Kamera Analog!

Pergilah ke suatu tempat yang kamu inginkan (mungkin yang selama ini telah kamu tunda-tunda). Bawalah kamera dengan gulungan film (roll) yang berisi 24 atau 36. Setelah selesai mengambil foto, keluarkan gulungan film dan lihat hasil foto yang kamu ambil.

Pesan yang ingin disampaikan melalui latihan ini adalah untuk jeli melihat objek dan membuatmu memikirkan matang-matang sebelum memotret. Tanamkan kesadaran jika kamu hanya memiliki gulungan film dalam jumlah yang terbatas. Cara ini berguna untuk memaksa dirimu berpikir kritis sebelum mengambil keputusan dalam memotret. Selain itu, fotografi analog yang sedang berkembang popularitasnya ini bisa membuatmu bersemangat lagi dalam memotret, seperti yang dijelaskan oleh Calvin Jeremy.

Demikian tujuh versi latihan pilihan Crafters yang bisa kamu lakukan. Dengan melakukan latihan-latihan tersebut secara terus-menerus, secara alamiah kamu telah berhasil mengasah kreativitas pikiran sekaligus skill fotografi kamu dalam menghasilkan karya foto yang unik, kreatif dan menjual. Sudah siap mengasah kemampuan fotografi kamu hari ini?

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

7 Ide Latihan Kreatif untuk Mengasah Kemampuan Fotografimu!

By
BR
.
March 16, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

7 Ide Latihan Kreatif untuk Mengasah Kemampuan Fotografimu!

By
BR
.
March 16, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya
Tags:

Related articles