X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

6 Developer Game Terbaik Asal Indonesia

By
MLR
 •
October 8, 2020

Dalam dua dekade terakhir game atau permainan digital seolah jadi bagian yang tak terpisahkan untuk semua kalangan usia. Kalau di tahun 90an game diperuntukan untuk anak kecil, sekarang kapanpun kamu pergi, kamu akan menemukan pemandangan beberapa orang sibuk melihat layar ponsel pintar sembari memainkan game untuk mengisi waktu luang atau keluh kesah beberapa teman sepantaran membahas game konsol menarik. Meledaknya popularitas industri gaming sendiri seolah tak terelakkan, mengingat anak-anak di tahun 90an telah beranjak dewasa dan menjadi target pasar baru, industri gaming diperkirakan akan terus mendulang popularitas hingga beberapa tahun ke depan.

Banyaknya permintaan pasar akan game menarik yang bisa dimainkan banyak orang tentu saja menghasilkan tim developer game bertalenta. Di Indonesia sendiri, kamu bisa banget menemukan banyak tim developer game unggulan yang karya-karyanya diakui di mata internasional. Tim developer game asal Indonesia mana saja yang berhasil unjuk gigi di pasar gaming global? Berikut 6 developer game Indonesia dengan karya fenomenal.

Touchten Games

Salah satu developer game Indonesia yang namanya dikenal di industri gaming global adalah Touchten Games. Dibesut oleh kakak beradik Anton Soeharyo dan Roki Soeharyo, Toucheten Games hadir mencuri perhatian pecinta gaming mobile dengan Sushi Chain, yang berhasil menembus peringkat 25 top overall free app di App Store tahun 2009, dan Infinity Sky, yang sukses masuk ke daftar 10 top free ap Itunes App Store tahun 2012. Selain dua game tersebut, Touchten Games memiliki beberapa game lainnya seperti Ramen Chaain, Amazing Cupid, Cute Kill dan Teka Teki Saku.

Agate Studio

Didirikan sejak 2009 oleh 17 anak muda kreatif yang pada masa tersebut masih berstatus mahasiswa, Agate Studio telah menjadi developer game favorit dalam dan luar negeri. Di masa awal berdirinya, Agate Studio cukup getol membuat game hingga berhasil meluncurkan 40 game dalam setahun; 18 diantaranya sukses di pasaran. Dua game unggulan yang berhasil menembus pasar dunia adalah ‘Earl Grey and this Rupert Guy’ dan ‘Valthirian Aarc: Hero School Story’. Sementara aitu, tercatat tiga game lain yang cukup menarik perhatian penyuka game internasional seperti eSports Saga, Upin Ipin Demi Metromillenium dan Up in Flames. Hingga sekarang, kelompok developer game ini masih aktif menggarap proyek-proyek baru.

Digital Happiness

Pernah mendengar judul game DreadOut? Game besutan kelompok developer Digital Happiness ini menampilkan tokoh utama seorang anak perempuan SMA bernama Linda yang mengunjungi kota hantu bersama teman-temannya. Game tersebut sempat melejit di pasaran internasional setelah dimainkan PewDiePie, influencer gaming terkenal YouTube dengan jumlah pengikut channel mencapai 107 juta pengguna, serta beberapa YouTuber lainnya. Kesuksesan DreadOut di pasar gaming membuat seri ini kemudian diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama di tahun 2019. Sekarang ini, Digital Happinness tengah mengerjakan sequel Drea Out 2.  Selain game DreadOut, Digital Happiness juga memiliki beberapa judul game lain seperti The Hallway Raid dan DreadEye.

StoryTale Studios

Tim developer game indie StoryTale Studios yang berasal dari Bandung mulai dikenal oleh para penikmat game setelah mereka sukses merilis game horor berjudul Pamali. StoryTale Studios didirikan pada tahun 2016 dan memiliki fokus di pembuatan game, aplikasi cross-platform dan animasi. Dengan premis yang menarik, atmosfer yang tepat, serta pengenalan budaya Indonesia yang kental, tak heran jika Pamali berhasil menarik perhatian banyak YouTuber Gaming luar negeri.

Own Games

Bersamaan dengan ramainya topik perbincangan mengenai franchise tahu goreng wara-wiri di jalanan depan rumah, sekelompok developer game asal Bandung di bawah naungan nama Own Games hadir dengan game Tahu Bulat. Berawal dari keisengan sekelompok developer, game Tahu Bulat ini merupakan sebuah permainan bertipe bisnis/tycoon kasual.  Nasib game kasual yang satu ini bisa dibilang hampir melebihi ketenaran franchise tahu bulat di dunia nyata. Pasalnya, game Tahu Bulat buatan Own Games berhasil menembus top chart Google Play dan dalam prosesnya mengalahkan game sekelas Clash of Clans, buatan Supercell yang juga sempat mengeluarkan game populer Hay Day.  

Tak hanya game Tahu Bulat, Own Games juga telah mengembangkan berbagai game lainnya seperti Own Super Squade, Own Pet Dragon, own Kingdom, Eyes on Dragon, dan masih banyak lainnya. Melalui karya-karya mereka di industri game, developer game asal Bandung ini berhasil menyabet beberapa penghargaan bergengsi, seperti penghargaan Mobile Game Developer War 5 dan INAICTA (Indonesia ICT Award) tahun 2013.

Ozysoft Studio

Ozysoft Studio merupakan sebuah studio game developer indie yang didirikan pada tahun 2013 oleh Ozy dan Sopian. Berawal dari kecintaannya membuat game berbasis ceritaa semenjak tahun 2011, Ozy dan Sopian mulai membuat tim developer game yang berhasil membawakan cerita yang memikat. Karya game pertama studio developer ini berjudul “Pulang: Insanity”, sebuah game horror yang berhasil menggaet tiga penghargaan sekaligus.

Itulah dia keenam developer game Indonesia yang karyanya berhasil mencuri perhatian dunia. Sudahkah kamu mengunduh atau mencoba beberapa judul game karya enam developer game terbaik di Indonesia tersebut? Mana yang jadi favoritmu?

Baca juga: Cara Membuat Storyboard

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

6 Developer Game Terbaik Asal Indonesia

By
MLR
.
October 8, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

6 Developer Game Terbaik Asal Indonesia

By
MLR
.
October 8, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya
Tags:

Related articles