X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

5 Tools yang Harus Dikuasai Content Writer

By
BR
 •
March 12, 2020

Menulis konten adalah pekerjaan yang menantang. Pasalnya, setelah menetapkan diri sebagai seorang penulis konten/content writer atau katakan blogger, misalnya, kamu harus siap untuk memasang beberapa topi yang berbeda di kepalamu. Tak hanya itu, kamu harus siap jadi yang paling unggul mengingat persaingan yang sangat ketat saat ini.

Meski kelihatannya menulis itu perkara yang gampang, tapi kalau kamu diharuskan untuk menulis setiap waktu, secara konstan, tingkat kesulitannya sama saja seperti pekerjaan lainnya.

Untuk menjadi seorang penulis konten yang baik, kamu membutuhkan konsistensi dan latihan terus-menerus untuk mempertajam kemampuan menulis. Sudah melakukan hal itu? Lanjutkan! Kamu sudah berada di jalur yang tepat. Yang kamu butuhkan hanya sedikit dorongan untuk membuat kontenmu semakin kece.  Di samping latihan menulis yang konstan, seorang penulis konten juga harus menguasai beberapa tools atau perangkat aplikasi yang dibutuhkan dalam menunjang pembuatan konten yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Kemampuan yang Wajib Diasah oleh Content Writer

Berikut ini merupakan beberapa daftar tools atau aplikasi pilihan Crafters yang bisa membantu kamu dalam penulisan sebuah konten:

5 Tools yang Harus Dikuasai Content Writer
HubSpot Blog Topic Generator

Jika kamu belum tahu mau menulis apa dan kesulitan untuk menemukan ide-ide baru yang segar. Atau mungkin kamu memang kehabisan stok ide untuk tulisan? Atau kamu merasa sedang terjebak dengan topik lama yang sama dan mencari inovasi baru dari topik yang sudah ada?

HubSpot Blog Topic Generator bisa membantu dan menjadi jalan keluar dari beberapa masalah di atas. Singkatnya, hanya dengan memasukkan 3-5 kata, terutama kata benda. Kemudian perangkat ini akan menampilkan ide-ide baru yang bisa kamu gunakan untuk bahan tulisanmu.

5 Tools yang Harus Dikuasai Content Writer
Hemingway

Menulis tanpa suntingan atau pengeditan seperti membangun rumah tanpa dinding. Nah, Hemingway ini adalah alat pengeditan online yang lumayan populer di kalangan penulis dan blogger karena sistem pengeditan teksnya yang praktis. Selain bisa menyunting tulisan, perangkat daring ini juga menunjukkan readability score yang berguna untuk mengukur apakah tulisanmu mudah dibaca atau tidak.

5 Tools yang Harus Dikuasai Content Writer
Unicheck

Orisinalitas sebuah tulisan tentu menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan apakah kamu seorang penulis konten yang baik atau tidak. Unicheck merupakan aplikasi yang berguna untuk mengetahui dan mencegah plagiat sebuah tulisan. Sebagai seorang penulis konten, aplikasi ini berguna untuk mempertahankan keunikan dan orisinalitas tulisan buatanmu. Cara penggunaannya mudah. Kamu bisa langsung mengunjungi website Unicheck, lalu letakkan tulisanmu pada kolom yang tersedia dan kemudian aplikasi ini akan memindai teks-teks dari format yang berbeda secara bersamaan. Mudah bukan?

5 Tools yang Harus Dikuasai Content Writer
EduGeeksClub

Jika kamu suka mengemukakan pendapat, memiliki ide segar, suka menulis dan membutuhkan program layanan penulisan disertasi yang dapat diandalkan. EduGeeksClub bisa menjadi salah satu pilihan terbaik yang mudah dijangkau. EduGeeksClub adalah situs web yang keren dan mudah untuk digunakan. Dengan memanfaatkan program ini, kamu bisa menghasilkan tulisan yang tepat, informatif, hingga konten yang viral.

Baca Juga: Jangan Asal Bikin Terjemahan! Ini Tipsnya

5 Tools yang Harus Dikuasai Content Writer
StackEdit

Ini adalah tool yang sangat berguna untuk mengubah teks menjadi .html tanpa mengubah format tulisan yang dihasilkan. Selain itu StackEditjuga memungkinkan kamu untuk mengunggah langsung di kanal-kanal tertentu seperti WordPress, Dropbox, Tumblr dan Blogger dalam formatmarkdown atau format yang disesuaikan menggunakan mesin templategaris bawah.

5 Tools yang Harus Dikuasai Content Writer
5 Tools yang Harus Dikuasai Content Writer

Practice does make your work perfect, tapi menguasai perangkat-perangkat lunak di atas tentunya akan membuatmu menjadi penulis konten yang lebih baik lagi. Sudah siap menulis konten terbaikmu hari ini?

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

5 Tools yang Harus Dikuasai Content Writer

By
BR
.
March 12, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

5 Tools yang Harus Dikuasai Content Writer

By
BR
.
March 12, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya

Related articles