X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

5 Podcast Literatur yang Wajib Didengar Para Pencinta Buku

By
BR
 •
March 17, 2020

Perkembangan teknologi informasi membuka dan membawa perubahan besar bagi pertumbuhan industri media saat ini. Bagaimana tidak? Hal ini memungkinkan munculnya kreativitas dari masyarakat dalam menciptakan alternatif media baru. Salah satu media alternatif itu adalah podcast.

Berbeda dengan radio, podcast tidak menyiarkan konten secara linier, namun on demand. Podcast mungkin belum memiliki audience sebanyak YouTube, namun podcast memiliki potensi sebagai bagian industri kreatif di tengah perkembangan teknologi informasi dan pletform seperti Spotify dan SoundCloud adalah contoh platform favorit untuk mendengarkan podcast.

Adriano Qalbi, salah satu podcaster pertama di Indonesia yang sudah banyak dikenal dan memiliki kanal sendiri bernama Podcast Awal Minggu, saat ini sudah memiliki 12.000 followers. Ada juga Rukmunal Hakim yang memberikan edukasi seputar dunia ilustrasi lewat melalui kanalnya Podluck Podcast.

Nah, bisa kamu bayangkan sendiri betapa banyak bahasan podcast yang telah dihasilkan para podcaster dengan ketertarikan yang berbeda-beda. Tidak hanya bahasan lifestyle, hiburan ringan atau bahasan umum lainnya, podcast dengan bahasan yang lebih niche dan unik pun semakin banyak bermunculan. Yang menarik, baru-baru ini podcast dengan tema literatur juga banyak digarap oleh para podcaster, salah satunya adalah sastrawan, jurnalis senior dan penulis novel Leila Chudori yang baru saja meresmikan podcast miliknya dengan tema literatur serta industri buku.

Melihat fenomena podcast yang membahas literatur dan industri kepenulisan Crafters mencari dan merangkum 5 rekomendasi podcast literatur untuk bisa kamu simak dan nikmati.

Baca Juga: Coming Home With Leila: Podcast Tema Literatur Garapan Leila Chudori

Coming Home With Leila

5 Podcast Literatur yang Wajib Didengar Para Pencinta Buku

Berawal dari kegundahan dan keprihatinan akan maraknya bahasa gawai dan komunikasi instan, Leila Salikha Chudori ingin mengajak orang-orang untuk kembali mencintai buku dengan meluncurkan podcast bernama Coming Home With Leila Chudori. Ada tiga tema dalam program podcast miliknya, yaitu: In Contemplation with, In Conversation with, dan In Consideration with.

Pada tema In Contemplation with, Leila berbincang dengan berbagai tokoh yang gemar membaca dan memperlakukan buku sebagai kebutuhan hidup. Lalu dalam In Conversation with, merupakan obrolan Leila dengan para penulis, komikus maupun penyair tentang proses kreatif mereka. Dan terakhir dalam In Consideration with, adalah debat antara beberapa narasumber tentang satu atau dua buku yang menarik. Melalui podcast miliknya, Leila berharap semangat anak muda hadir kembali untuk memperluas wawasan dan mengasah intuisi melalui buku.

Podcast Buku Kutu

Kamu yang memiliki ketertarikan membaca buku, Podcast Buku Kutu bisa jadi referensi untukmu. Aditya Hadi sebagai host akan membahas review buku-buku terbitan lama maupun baru, juga rekomendasi buku yang menarik untuk dibaca hingga topik terhangat seputar industri perbukuan. Sejak Desember 2018 sampai saat ini, sudah ada 53 konten yang ia tayangkan.

Kepo Buku

5 Podcast Literatur yang Wajib Didengar Para Pencinta Buku

Sama seperti Podcast Buku Kutu, Kepo Buku adalah podcast yang membahas atau ‘kepo’ (memiliki keingintahuan yang besar) masalah buku. Menariknya, Kepo Buku tidak membahas buku-buku mainstream atau jarang diketahui karena menurut mereka buku di rak best seller toko buku belum tentu layak untuk dikepoin.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan referensi buku-buku terbitan baru atau lama yang tidak familiar atau istilahnya ‘under-rated‘, Kepo Buku bisa menjadi stasiun streaming literatur yang bisa disimak.

Bicara Sastra

5 Podcast Literatur yang Wajib Didengar Para Pencinta Buku

Salah satu siaran podcast lain yang dapat kamu ikuti adalah Bicara Sastra oleh Ahmad Syarifudin. Tersebar dalam kanal Spotify, Breaker, dan Radio Public, siaran podcast ini membahas pertanyaan-pertanyaan kita seputar hal substabstansial seperti apa itu sastra dan bukan sastra, bentuk-bentuknya, hingga ajang kepenulisan yang sering membuahkan cerita-cerita menarik untuk diikuti. Meski terbilang masih sangat baru, konten sastra yang dihadirkan berbobot, menarik dan menyeluruh.

Baca Juga: Sejarah, Perkembangan dan Panduan Menulis Naskah Podcast

Secangkir Puisi Sebait Kopi

5 Podcast Literatur yang Wajib Didengar Para Pencinta Buku

Kamu enggak mau hanya mendengarkan isu industri buku, kajian, dan hal-hal soal sastra itu sendiri? Mau mendengarkan karya sastra langsung disiarkan oleh si pembuat karya? Ada banyak lho yang menyiarkan puisi-puisi buatan mereka sendiri di kanal penyedia siaran podcast. Salah satunya adalah Secangkir Puisi Sebait Kopi.

Mendengarkan puisi dengan latar musik sebagai penyelaras rasa, Secangkir Puisi Sebait Kopi bisa menjadi referensi untuk didengarkan bagi kamu yang suka dengan puisi. Puisi-puisi yang dibacakan dalam channel podcast ini merupakan puisi yang dibuat oleh si pemilik channel, Budi Winawan atau pun puisi karya orang lain. Selain konten itu, Budi membuka kesempatan kepada siapa pun yang ingin membaca puisi dan ingin dipublikasikan di channel-nya dengan mengirimkan audio melalui kontak personalnya.


Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

5 Podcast Literatur yang Wajib Didengar Para Pencinta Buku

By
BR
.
March 17, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

5 Podcast Literatur yang Wajib Didengar Para Pencinta Buku

By
BR
.
March 17, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya
Tags:

Related articles