X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

5 Keuntungan Membaca Buku Self-Help Setiap Hari

By
MLR
 •
August 25, 2020

Pada dasarnya manusia selalu memiliki aspirasi untuk menjadikan dirinya lebih baik. Banyak cara yang dilakukan setiap individu untuk mencapai versi diri yang lebih baik ini. Ada yang mengikuti seminar yang diselenggarakan oleh motivator, ada yang mengamalkan ajaran spiritual, atau menggali berbagai inspirasi dari membaca buku.

Sudah bukan resep baru lagi jika buku mampu mempengaruhi dan membentuk cara pandang kita dalam melihat dunia. Tak hanya itu, buku juga bisa mempengaruhi segala tindakan kita hingga sedemikian rupa untuk menjadi versi yang lebih baik, terutama buku bergenre self-improvement atau yang populernya disebut buku self-help. Tak percaya? Berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu membaca buku self-help serta keuntungannya

Baca juga: Podcast Wajib buat Para Pecinta Buku

Kamu bisa mengenal diri sendiri dan dunia dengan lebih positif

Buku self-help dirancang sedemikian rupa untuk membantu kamu menemukan inspirasi setiap harinya dengan cara yang mudah dipahami. Ketika kamu membaca buku yang menginspirasi setiaap hari, ini berarti tidak ada waktu untuk membandingkan diri dengan orang lain dan merasa dirimu lebih buruk. Kamu justru mengisi kepalamu dengan kata-kata positif dan konsep yang membahagiakan. Dengan meluangkan waktu setiap harinya membaca buku self-help kamu dapat memperbaiki getaran dalam diri kamu dan menjaga dirimu dalam kondisi optimal.

Mendorong kamu membuat pilihan lebih baik dan bertindak lebih positif

Selain dipenuhi dengan kata-kata positif, buku self-help dinilai efektif untuk mengembangkan diri karena dilengkapi dengan latihaan dan petunjuk yang mampu membuat kamu memikirkan kembali pilihan yang kamu buat serta alasan mengapa kamu melakukannya.

Latihan-latihan pengembangan diri ini adalah bentuk evaluasi yang bisa kamu terapkan setiap hari dan berguna untuk membebaskan kamu membuat perubahan yang perlu kamu lakukan sambil tetap merasa nyaman dengan diri sendiri. Salah satu buku self-help yang memiliki banyak petunjuk dan latihan pengembangan diri yang bisa kamu baca adalah The Desire Map karya Danielle LaPorte.

Saat kamu tahu alasan apa yang mendorong kamu berbuat sesuatu, kamu bisa mengakali pikiran negatif yang berdampak merugikan. Semakin kamu mengamalkan bentuk evaluasi diri seperti yang dijabarkan dalam buku self-help, kamu bisa menjadi lebih peka terhadap informasi-informasi apa saja yang kamu pilih. Lewat latihan rutin, kamu bisa meningkatkan kualitas hidup kamu.

Gali potensi untuk mengembangkan diri

Tujuan membaca buku yang menginspirasi setiap hari bukan hanya untuk meningkatkan kualitas hidup, tapi juga mengembangkan potensi serta sikap kamu setiap harinya. Inti dari pengembangan diri yang disajikan buku genre self-help adalah memperluas potensi yang telah kamu miliki, bukannya membandingkan kekurangan yang ada pada dirimu. Ketika kamu membaca buku genre self-help, cobalah melakukan pendekatan seperti membaca peta harta karun. Dengan demikian, kamu bisa lebih rileks dalam mencoba berbagai hal yang ditawaarkan buku tersebut dan mengadopsi sikap yang lebih menyenangkan ketimbang menjadikannya sebagai beban. Pertahankan sifat penasaran saat membaca buku self-help agar kamu bisa menjelajahi setiap potensi yang terkubur dalam diri kamu.

Baca juga: Banana Publisher: Masa Depan Penerbit Buku

Kamu menghancurkan batasan yang kamu buat

Pada tahapan selanjutnya, setelah kamu menemukan asiknya menggali potensi diri, kamu akan mulai mempercayai bahwa kamu bisa melakukan lebih banyak hal dan merasakan pengalaman hidup yang lebih kaya. Pola membaca dan mengisi kepala dengan kata-kata positif dapat membantumu menjelajahi kelebihan-kelebihan yang kamu miliki dan menghancurkan batasan yang seringkali tanpa disadari telah kamu buat sebelum mengambil buku self-help.

Ini adalah cara yang efektif bagi kamu yang takut keluar dari zona nyaman. Kamu pelan-pelan dapat memberanikan diri menapaki tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya sehingga kamu bisa merasakan pengalaman baru yang belum pernah kamu coba. Saat kamu yakin kamu bisa menjadi lebih baik, dijamin kamu akan tertarik untuk melakukan lebih banyak hal lainnya dan merasakan pengalaman yang lebih seru ketimbang mengikuti batasan yang kamu buat.

Kamu bisa menciptakan proyek pribadi yang mendorong pertumbuhan diri

Pikiran positif, pengambilan keputusan yang didasari alasan yang kamu sadari sepenuhnya, dan pilihan yang lebih baik cenderung membuat seorang individu haus akan pertumbuhan. Kamu cenderung lebih mudah memetaakan visi untuk hidup kamu dan menyusun rencana yang akan membawa kamu ke tempat yang kamu inginkan.

Walaupun proyek pribadi ini belum tentu berkaitan erat dengan pekerjaan atau karier kamu, proyek-proyek tersebut bisa membantu kamu jadi lebih puas dan merasa hidup setiap saat. Bahkan kalau kamu kesulitan di awal menapaki jenjang karier atau merasa buntu Ketika mengerjakan sesuatu, membaca buku self-help setiap pagi atau pada waktu yang paling cocok untuk kamu bisa memperkuat kreativitas, produktivitas, citra diri positif, dan meningkatkan kemampuan kamu.

Buku genre self-help memang dirancang bagi mereka yang ingin mengenal serta menjelajahi potensi diri sendiri. Selain itu, sama seperti semua kegiatan lainnya, memulai membaca buku genre self-help adalah hal yang gampang dilakukan. Untuk mendapatkaan hasilnya, tentu saja dibutuhkan sebuah komitmen kuat. Pertanyaannya, apakah kamu sudah berkomitmen untuk terus membaca buku self-help setiap hari?

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Regular

Italic

Bold

  • Test 1
  • Test 2
  1. Test A
  2. Test B

What’s a Rich Text element?

The rich text element allows you to create and format headings, paragraphs, blockquotes, images, and video all in one place instead of having to add and format them individually. Just double-click and easily create content.

Static and dynamic content editing

A rich text element can be used with static or dynamic content. For static content, just drop it into any page and begin editing. For dynamic content, add a rich text field to any collection and then connect a rich text element to that field in the settings panel. Voila!

How to customize formatting for each rich text

Headings, paragraphs, blockquotes, figures, images, and figure captions can all be styled after a class is added to the rich text element using the "When inside of" nested selector system.

5 Keuntungan Membaca Buku Self-Help Setiap Hari

By
MLR
.
August 25, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

5 Keuntungan Membaca Buku Self-Help Setiap Hari

By
MLR
.
August 25, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Asupan Kreatif Mingguan

Gratis

Artikel-artikel kreatif terpercaya

-
-
-
Dapatkan gratis

Langganan Premium

US$ 10 / bulan

8+ tiket webinar marketing gratis setiap bulan
Semua siaran ulang tutorial, diskusi & wawancara
Panduan & riset terdepan di industri
Penawaran eksklusif dari brand & Event VIP
Artikel-artikel kreatif terpercaya

Related articles