X

Sign Up to Crafters Newsletter
for Free!

5 Kebiasaan yang Bisa Menjadikanmu Content Creator Sukses!

By
Kalya Risangdaru
 •
March 12, 2020
Quality is not an act, it’s a habit,” -Aristoteles

Siapa yang enggak ingin jadi content creator yang sukses? Ya, kamu boleh memulainya dengan keinginan yang kuat, baru dilanjutkan dengan mengolah kebiasaan-kebiasaan yang akan menunjangmu menjadi content creator yang berhasil.

Tanpa dukungan dari kebiasaan-kebiasaan yang baik, kamu mungkin sering merasa terjebak dalam sebuah situasi sulit saat mengembangkan sebuah konten. Padahal, dengan terus membaca, konsisten, mengurasi konten, berjejaring dan membuka mata, kamu bisa menghindari hal-hal seperti itu.

Seorang content creator yang sukses setidaknya dapat perlahan-lahan menjadikan hal tersebut sebagai sebuah kebiasaan sehari-hari mereka. Harus mulai dari mana?

Baca Juga: Tips Membuat Pitching Kreatif yang Menarik Klien

Membaca dan Mengetahui Hal-Hal Baru yang Berkaitan dengan Industrimu

Membuat sebuah konten yang baik juga berarti kamu mengerti betul dengan industri yang sedang kamu jalani. Itulah gunanya paket kuota agak mahal per bulannya. Kamu harus menjelajahi–bukan hanya membaca, namun menjelajahi–segala sesuatu yang berkaitan dengan kreasi konten serta industri yang sedang kamu geluti. Hal ini dapat membantumu mendapatkan latar belakang kuat tentang tren serta konteks dari konten yang akan kamu buat.

Rapikan blog-blog dan sumber media yang biasa kamu baca dalam sebuah folder bookmark untuk mempermudahmu membaca konten-konten yang kamu ingin baca. Juga, berdiskusilah dengan teman-teman sejawatmu perihal sumber bacaan yang sering mereka konsumsi untuk memperkuat kreasi konten mereka.

5 Kebiasaan yang Bisa Menjadikanmu Content Creator Sukses!
(Dok. Giphy)

Konsisten

Bicara soal satu formula kebiasaan yang sering diungkit-ungkit ini, yaitu konsistensi. Ya, memang hal ini sering dibicarakan, namun jangan pernah meremehkannya. Hal ini juga termasuk mengasah terus kemampuanmu untuk dirimu sendiri, bukan hanya untuk project yang sedang kamu kerjakan. Mungkin kamu tidak bisa selalu terinspirasi untuk membuat sebuah konten, namun lain hal jika bicara mungkin saja konten buatanmu bisa menginspirasi orang lain yang membaca/melihatnya.

Jadikan hal ini sebuah kebiasaan sehari-hari yang kamu lakukan. Tidak perlu selalu kamu publish di platform pilihanmu, namun kamu bisa meluangkan waktu 10-15 menit untuk cepat-cepat menulis idemu dalam notes favoritmu. Cari waktu yang paling tepat untukmu, mungkin setelah minum kopi atau sembari menunggu TransJakarta. Memulainya dengan pertanyaan bisa jadi membantumu menulis sebuah ide.

Baca Juga: Cara Membuat Peta Konsep Kreatif

Mengurasi Konten

Di era serba copy-paste ini, informasi konten yang kamu bagikan bisa sekadar screencapture lalu menambahkan opinimu. Tapi, jangan terus-terusan melakukan hal itu. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan pengetahuan dari menjelajahi internet tersebut agar bisa lebih percaya diri mem-posting konten yang valuable untuk audiensmu. Seorang kreator konten yang sukses harus tahu cara untuk melakukan kurasi untuk konten-kontenmu dengan baik.

Jangan pernah takut untuk membagikan pengetahuanmu dengan latar belakang pengetahuan yang kuat. Dijamin, followers dan fans mu akan menghargai, atau bahkan bisa memulai diskusi dari konten yang telah kamu buat. Pada akhirnya, kamu mendapatkan engagement yang baik lewat postingan tersebut. Well, that’s a bonus there.

Berjejaring di Tiap Kesempatan

Content creator yang sukses adalah mereka yang tidak hanya mengerti cara memproduksi konten ala mereka, tapi juga mengetahui dengan baik siapa yang menginspirasi mereka, dan mendorong mereka untuk berpikir dengan sudut pandang lain.

Dengan cara ini, content creator didorong untuk bukan cuma mendukung pengetahuan yang sudah mereka tahu, tapi juga terus belajar dan terbuka tentang sesuatu yang baru. Berjejaring akan membuatmu melakukan hal-hal tersebut. Berjejaring adalah saatnya kamu mendengarkan ide-ide kolegamu dan mengambil ide tersebut sebagai sebuah konsiderasi yang dapat kamu pertimbangkan dengan idemu.

Selain bertatap muka, kamu bisa juga berjejaring lewat media sosial. Platform tersebut bukan disebut sebagai media sosial tanpa alasan, kan? Luangkan sedikit waktumu untuk mengeksplor Facebook, Twitter atau bahkan mungkin LinkedIn untuk mencari ide hingga berkenalan dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama denganmu.

5 Kebiasaan yang Bisa Menjadikanmu Content Creator Sukses!
(Dok. Giphy)

Be Curious!

Content creator yang baik adalah mereka yang selalu penasaran dengan apa pun. Mereka akan penasaran dan selalu ingin tahu dengan pengetahuan internal yang mereka miliki, serta mempertanyakan dan terbuka tentang pengetahuan eksternal yang tiap harinya muncul–lewat bacaan, misalnya. Kombinasi dari kedua hal tersebutlah yang sering menghasilkan konten menarik.

Menjadi kritis dengan selalu mempertanyakan hal-hal yang berhubungan dengan industrimu akan membuatmu terus berkembang sebagai content creator. Dan jika kamu belum sadar, pemikir kritis adalah seorang content creator yang baik. Maka, tidak ada salahnya kamu mempertanyakan tujuan dari sebuah artikel, formula yang diterapkan creator lain dalam kontennya dan membayangkan bentuk konten lain yang bisa dikembangkan olehnya, misalnya. Have fun on being a curious content creator!

5 Kebiasaan yang Bisa Menjadikanmu Content Creator Sukses!
(Dok. Giphy)

5 Kebiasaan yang Bisa Menjadikanmu Content Creator Sukses!

By
Kalya Risangdaru
.
March 12, 2020

You must be a premium member to view the full content

Sorry, but the rest of this article is for our Premium Members only. To gain access to this content and many more benefits, subscribe below!

5 Kebiasaan yang Bisa Menjadikanmu Content Creator Sukses!

By
Kalya Risangdaru
.
March 12, 2020

Crafters Newsletter

Sign up to our weekly email to get:
Article Updates
Event Announcements
Webinar Announcements
Free Research
Free
Offers
Free
Tutorials

Related articles